Kapal Pelni Tabrak Kantor Pelabuhan, KPLP Evakuasi 181 Penumpang & 36 ABK

Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan mengevakuasi 181 penumpang dan 36 orang anak buah kapal KFC Jet Liner milik PT Pelni (Persero) di Kendari, Sulawesi Tenggara. KFC Jet Liner Kandas setelah menabrak sebuah kantor di Pelabuhan Kendari.
Rivki Maulana | 24 November 2017 16:58 WIB
Kapal Pelni - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan mengevakuasi 181 penumpang dan 36 orang anak buah kapal KFC Jet Liner milik PT Pelni (Persero) di Kendari, Sulawesi Tenggara. KFC Jet Liner Kandas setelah menabrak sebuah kantor di Pelabuhan Kendari.

Kepala KSOP Kendari, M. Israyadi mengatakan KFC Jet Liner yang berlayar dengan rute Raha--Kendari kandas pada Kamis (23/11/2017) pukul 16.55 WITA. Kapal berukuran 4.563 GT itu menabrak kantor KPLP lama di Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari Timur.

Dia menambahkan, akibat dari kandasnya kapal, haluan lambung kapal Jet Liner penyok dan tergores. "Selain itu, bangunan Kantor lama KPLP mengalami rusak berat," lanjut Israyadi dalam siaran pers, Jumat (24/11/2017).

Israyadi menuturkan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Basarnas, Polres Kendari, Polair Polda Kendari dan Polsek Kawasan Pelabuhan untuk membantu proses evakuasi serta menyiapkan posko penanganan musibah ini.

Di sisi lain, tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal bertugas untuk melakukan investigasi kandasnya kapal tersebut. KFC Jet Liner kini sudah dikeluarkan dari posisi kandas olehkapal Tug Boat Semar.

"Kapal sudah berlabuh di Teluk Kendari dan saat ini sedang dilakukan survey underwater oleh tim teknis PT. Pelni serta diawasi langsung oleh Marine Inspector KSOP Kendari," tutup Israyadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelni

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top