Bandara Internasional Silangit Buka Lebar Pariwisata Danau Toba

Perubahan status Bandara Silangit menjadi bandara internasional mampu mendorong geliat pariwisata Danau Toba.
Thomas Mola | 20 November 2017 01:18 WIB
Presiden Jokowi saat mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatra Utara. - Setkab.go.id

Bisnis.com, SILANGIT-- Perubahan status Bandara Silangit menjadi bandara internasional mampu mendorong geliat pariwisata Danau Toba.

Mulai terjadwalnya penerbangan lokal dan internasional ikut mendorong wisatawan datang mengunjungi destinasi wisata sekitar Danau Toba.

Marlina Silalahi, salah satu pemilik warung di Huta Ginjang, menuturkan sejak kehadiran Bandara Internasional Silangit, jumlah wisatawan domestik dan asing meningkat.

Tambah lagi kunjungan Presiden Jokowi pada bulan lalu, jelasnya, membuat nama Danau Toba semakin populer sebagai salah satu tujuan wisata nasional.

"Sekarang selalu ramai, saya baru berusaha di sini dan pendapatan lebih bagus dari pekerjaan saya sebelumnya," ujar mantan karyawan salah satu perusahaan di Pekanbaru ini kepada Bisnis, Minggu (19/11/3017).

Seperti diketahui Danau Toba telah ditetapkan pemerintah sebagai satu dari sepuluh destinasi prioritas yang dikembangkan pemerintah.

Selain Bandara Internasional Silangit, jalan ke Danau Toba juga terus diperbaiki sehingga memudahkan akses ke lokasi wisata sekitar Danau Toba.

Yosapath Tambunan, Airport Operation, Services & Maintenance Junior Manager Bandar Udara Silangit menuturkan sejak Bandara Silangit menjadi bandara internasional pertumbuhan wisatawan khususnya dari mancanegara meningkat.

"Memang masih lebih banyak domestik tapi turis dari luar negeri juga naik. Rata-rata dari Singapura, ada juga dari Eropa," paparnya.

Yosapath menuturkan status Bandara Internasional Silangit dalam waktu dekat akan diresmikan Presiden Jokowi.

Sejalan dengan itu, PT Angkasa Pura II juga akan memperpanjang landasan pacu guna menampung pesawat yang lebih besar lagi.

"Sekarang Airbus A320 sudah bisa. Selain Garuda, Citilink, dan Sriwijaya, nanti akan ada AirAsia dan Batik Air dalam waktu dekat," paparnya.

Tag : pariwisata, danau toba
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top