Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Whitesky Siap Jadi Operator Heliport Soetta

Whitesky Aviation dan PT Angkasa Pura II menandatangani MoU untuk pengoperasian heliport di Bandara Soekarno-Hatta.
Whitesky Aviation/Whitesky.co.id
Whitesky Aviation/Whitesky.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Whitesky Aviation dan PT Angkasa Pura II (Persero) menandatangani memorandum of understanding (MoU) untuk pengoperasian heliport di Bandara Soekarno-Hatta yang dibangun dengan investasi Rp260 miliar.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya sepakat melakukan joint operator untuk pengoperasian heliport di Bandara Soetta.

Adapun penandatanganan MoU itu mencakup business plan dan sudah dihitung pula komitmen kedua belah pihak di mana Whitesky operator dan AP II sebagai pemilik lahan yang akan memberi konsesi.

“Ada 20 armada nantinya, dan kita menunjuk Whitesky Aviation sebagai heliport operator, karena Whitesky yang bangun, kita yang punya lahan,” ungkapnya pada Jumat (13/10).

Awaluddin menjelaskan Whitesky jadi helicopter service provider, sehingga heliport ini tidak eksklusif untuk helikopter milik Whitesky, melainkman bisa juga disewa bagi helikopter perusahaan lain. “Kita 20 sampai 30 tahun di frame of agreement based on business calculasion sehingga harus dihitung return-nya.”

Chief Executive Officer Whiteksy Aviation, Denon Prawiraatmadja, mengatakan saat ini Whitesky Aviation sudah membuka rute perjalanan helikopter dari Jakarta-Bandung, Jakarta-Kepulauan Seribu, dan Bintan-Batam di Kepulauan Riau.

Layanan helikopter itu nantinya akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten, dengan 170 titik pendaratan dan lepas landas di Jabodetabek, termasuk 53 titik pendaratan dan lepas landas di Bandung, Jawa Barat, dan sekitarnya.

Denon memastikan penyelesaian administrasi selesai tahun ini dan pengerjaan mulai tahun depan. Kedua pihak menargetkan akhir 2018 heliport sudah bisa digunakan.

Dia juga menambahkan harga tiket dari layanan helicity itu berkisar Rp1,5 juta-Rp2 juta per penumpang untuk reguler. Untuk rute ke luar Jakarta, seperti Bandung, dipatok Rp3 juta – Rp 4juta.

Selain dengan AP II, Whitesky juga bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Nantinya, penumpang Garuda mendapatkan informasi tentang integrasi layanan helikopter dari Bandara Soekarno-Hatta menuju berbagai titik di Jabodetabek dan Bandung. Penumpang juga dapat melakukan pemesanan melalui Garuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper