Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Klaim Sebagai Penyumbang 70% Pendapatan Pariwisata Global

Vice Governor, People's Government, Guangxi Zhuang Autonomous Region, China Zhang Xiaoqin mengatakan saat ini sudah ada 2.700 penerbangan antara China dan Asean
Turis China./.Antara
Turis China./.Antara

Bisnis.com, NANNING, CHINA- Vice Governor, People's Government, Guangxi Zhuang Autonomous Region, China Zhang Xiaoqin mengatakan saat ini sudah ada 2.700 penerbangan antara China dan Asean.

Dari 15 negara tujuan utama wisatawan China, sebanyak 6 negara di antaranya adalah negara-negara Asean.

"China menyumbang 70% pendapatan global dari pariwisata," sebut dia dalam China-Asean Business Leaders Forum, Rabu (13/9/2017).

Ke depannya, China berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata dengan negara-negara Asean, terutama Thailand. Apalagi, tahun ini merupakan Tahun Kerja Sama Pariwisata Asean-China.

Wisatawan dari Negeri Panda memang berperan sangat penting terhadap pariwisata Thailand. Vice Chairman the Federation of Thai Industries Somyod Tangmeelarp menyatakan wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok adalah yang terbanyak selama beberapa tahun terakhir.

Tahun lalu, jumlahnya mencapai 3,18 juta orang dari total 32,58 juta kunjungan wisman. Untuk 2017, Thailand menyasar jumlah wisman sebanyak 35 juta orang, di mana 10 juta di antaranya berasal dari China.

"Pariwisata bukan sebuah sektor yang dipandang sebelah mata atau efek dari sektor lain. Ini adalah sebuah ekonomi sendiri," tutur dia.

Vice President, National Chamber of Commerce and Industry of Malaysia Dato Liew Sew Yee menyebut pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. "Sektor ini memberikan multiplier effect yang besar sekali kepada sektor ekonomi lain, termasuk juga mempererat hubungan antar negara," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper