Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transjabodetabek Premium Diuji Coba, Kendaraan Pribadi Diharap Beralih

BPTJ berharap masyarakat berpindah menggunakan angkutan umum dari kendaraan pribadi dengan adanya uji coba layanan bus premium pada rute Bekasi - Jakarta.
Bus Transjabodetabek/Antara-Risky Andrianto
Bus Transjabodetabek/Antara-Risky Andrianto

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berharap masyarakat berpindah menggunakan angkutan umum dari kendaraan pribadi dengan adanya uji coba layanan bus premium pada rute Bekasi - Jakarta yang menggunakan jalur khusus angkutan umum.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan waktu tempuh perjalanan Transjabodetabek Premium Bekasi - Jakarta dengan menggunakan jalur khusus angkutan umum dapat mencapai 1 jam.

Waktu tempuh tersebut, lebih cepat dari target BPTJ yakni 1,5 jam dengan menggunakan jalur khusus angkutan umum. Biasanya, menurut dia, waktu tempuh pada rute Bekasi - Jakarta tanpa menggunakan jalur khusus angkutan umum bisa lebih dari 2 jam.

"Dengan bertambahnya pelayanan transportasi, khususnya dengan adanya Transjabodetabek Premium ini, diharapkan bisa menarik pengguna kendaraan pribadi untuk pindah ke angkutan massal,” kata Bambang di Jakarta melalui siaran pers pada Kamis (7/9/2017).

Dia menjelaskan kemacetan yang kerap terjadi pada ruas jalan Bekasi - Jakarta dapat berkurang dengan adanya perpindahan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum bus Transjabodetabek Premium yang diujicobakan tersebut.

Layanan uji coba Transjabodetabek Premium, lanjutnya menggunakan jalur khusus angkutan umum dengan metode pengawalan voorijder. Layanan uji coba tersebut, ungkapnya dari depan pusat mal Mega City Bekasi kemudian masuk tol Bekasi dan keluar Tol Semanggi dengan tujuan Plaza Senayan, Jakarta.

Uji coba tahap kedua tersebut, ujarnya, akan berlangsung dari 7 - 20 September 2017. Adapun tiket bus yang dikenakan terhadap penumpang sebesar Rp15.000 pada hari pertama uji coba dan Rp20.000 pada hari-hari berikutnya. 

“Rute yang diambil pada ujicoba tahap II ini yaitu berangkat dari Mega City Bekasi - Semanggi – Gelora Bung Karno – FX Sudirman – Bundaran Senayan – Plaza Senayan. Sementara itu untuk rute balik yaitu dari Plaza Senayan – FX Sudirman – Gelora Bung Karno – Polda Metro Jaya- Komdak – Mega City Bekasi,” katanya.

Dia menambahkan pengguna kendaraan pribadi yang ingin menggunakan angkutan premium pengguna jalur khusus angkutan umum dapat menggunakan lahan parkir Mega City Bekasi.

BPTJ, ungkapnya, telah berkordinasi dengan pengelola Mega City Bekasi yang menyiapkan lahan parkir dengan tarif flat. Namun, paparnya masyarakat harus menunjukkan bukti tiket angkutan umum Transjabodetabek Premium.

Adapun fasilitas yang terdapat dalam bus Transjabodetabek Premium tersebut antara lain berpengatur suhu ruangan (AC), wi-fi gratis, mengisi daya gawai, sabuk pengaman pada setiap kursi, dan reclining seat menghadap ke depan agar masyarakat mendapatkan kenyamanan.

Tidak hanya itu, keberangkatan bus Transjabodetabek Premium rute Bekasi - Jakarta juga sudah terjadwal.

Angkutan bus Transjabodetabek Premium rute Bekasi - Jakarta menawarkan kenyamanan kepada setiap penumpang yang menggunakan dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia selain lebih cepat sampai ke Jakarta dari Bekasi.

Bambang bersama-sama dengan pihak Korlantas, PT Jasa Marga Tbk., Dewan Transportasi, Perum PPD serta pihak Mega City Bekasi secara langsung membuka uji coba layanan Transjabodetabek Premium dengan melakukan flag off.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper