Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sidak Pulo Gebang dan Kampung Rambutan, BPTJ Jamin Arus Balik di Terminal Lancar

Guna memastikan kesiapan antisipasi puncak pergerakan arus balik di beberapa terminal di Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan peninjauan langsung suasana arus balik di terminal Pulo Gebang dan Kampung Rambutan, Sabtu (1/07/2017).
Pemudik mulai berdatangan usai pulang dari kampung halamannya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (29/6)./ANTARA-Akbar Nugroho Gumay
Pemudik mulai berdatangan usai pulang dari kampung halamannya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (29/6)./ANTARA-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Guna memastikan kesiapan antisipasi puncak pergerakan arus balik di beberapa terminal di Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan peninjauan langsung suasana arus balik di terminal Pulo Gebang dan Kampung Rambutan, Sabtu (1/07/2017).

Inspeksi dilakukan secara langsung oleh Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono didampingi Direktur Prasarana Risal Wasal.

"Hari ini diperkirakan akan menjadi puncak arus balik para pemudik Lebaran. Untuk itu, kami sengaja berangkat bersama dari Kantor BPTJ untuk meninjau langsung kesiapan petugas di lapangan," kata Bambang, Sabtu (1/07/2017).

Pihaknya ingin memastikan kesikapan dan kesigapan petugas dalam memberikan pelayanan ke penumpang ketika tiba di terminal terkait.

"Tidak boleh ada penumpang yang terlantar. Penumpang yang datang harus dibantu diarahkan ke feeder yang akan membawanya ke rumah masing-masing", ujar Bambang.

Lantas, untuk meningkatkan pelayanan, ke depan BPTJ akan melakukan pendampingan pemberian pelayanan di terminal.

“Terminal ini sudah megah, dan pengusaha outobus (PO) sudah mengikuti selera penumpang dalam memberikan layanan. Lihat saja bus bus yang datang dari luar Jakarta sudah mewah dan keren, jadi pelayanan di terminal juga harus baik," kata Bambang Pri sapaan akrabnya.

Sementara itu, untuk menambah peningkatan layanan, BPTJ meminta penyelenggara terminal agar menambah personil dan meningkatkan layanan, penambahan sign (papan petunjuk) dalam terminal untuk memandu pengunjung dalam mengakses fasilitas di dalam terminal.

Pada kesempatan itu, Bambang juga menyempatkan berbincang dengan penumpang yang baru tiba.

"Untuk arus balik di Terminal Terpadu Pulo Gebang, rata-rata penumpang merasa nyaman dan aman. Mereka merasa terbantu oleh petugas yang sigap mengarahkan ke feeder dalam kota, walaupun masih banyak yang perlu dilakukan perbaikan agar masyarakat bisa lebih nyaman lagi," tambah Bambang.

Sebagai antisipasi penumpang yang datang dari luar jawa, telah disiapkan feeder bus yang ada di Terminal Terpadu Pulo Gebang, seperti Transjakarta yang siap standby mengantar para penumpang yang baru tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang ke berbagai tujuan.

"Di Terminal Pulo Gebang ada 7 bus tujuan Rawamangun, 5  bus ke Pinang Ranti, 5 bus ke Pasar Minggu, dan 5 bus ke Lebak Bulus. Juga ada beberapa KWK ke jurusan lain," kata Komandan Regu Terminal Terpadu Pulo Gebang Mamhund.

Sementara itu, di terminal Kampung Rambutan juga sudah terlihat peningkatan pergerakkan bus dan penumpang. Tercatat pada 30 Juni ada sekitar 13.423 penumpang yang sudah masuk Jakarta.

Bambang bersama staf mengecek beberapa fasilitas dan kesiapan petugas serta pelayanan angkutan umum yang melayani trayek dalam kota Jakarta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper