Indonesia Diminta Manfaatkan Kerja Sama Selandia Baru

Indonesia diminta memanfaatkan potensi kerja sama yang dijalin dengan Selandia Baru
Rio Sandy Pradana | 26 Juni 2017 13:40 WIB
Tantowi Yahya. - .Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia diminta memanfaatkan potensi kerja sama yang dijalin dengan Selandia Baru.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya mengatakan hubungan antara Indonesia dan Selandia Baru bagaikan buah yang siap untuk dipanen. Namun, ada beberapa hal yang menjadikan kendala sehingga sulit untuk dipanen.

"Salah satu faktor hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang Selandia Baru," kata Tantowi seperti dikutip dalam laman Kementerian Luar Negeri, Senin (26/6/2017).

Dia menambahkan sebagai contoh di bidang pendidikan, di New South Wales, salah satu negara bagian Australia, jumlah mahasiswa Indonesia mencapai 14,000 orang. Adapun, di seluruh wilayah di Selandia Baru hanya sekitar 1000 mahasiswa.

Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang Selandia Baru juga menyebabkan investor Indonesia tidak banyak tahu tentang potensi bisnis yang ada di Selandia Baru.

Terkait dengan masalah wisata, lanjutnya, dari 8 juta wisatawan yang berkunjung ke Indonesia hanya sekitar 70,000 orang warga Selandia Baru dan 70% dari wisatawan Selandia Baru tersebut adalah warga Kiwi yang tinggal di Australia.

Tag : selandia baru
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top