Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Dermaga Eksekutif, Angkutan Lintas Merak-Bakauheni Bisa 3 Kali Lipat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan terdapat peningkatan jumlah penumpang penyeberangan Merak - Bakauheni hingga tiga kali lipat dengan adanya dermaga eksekutif.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 27 Mei 2017  |  20:05 WIB
Ada Dermaga Eksekutif, Angkutan Lintas Merak-Bakauheni Bisa 3 Kali Lipat
Truk antre di Pelabuhan Merak, Banten - Antara/Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan terdapat peningkatan jumlah penumpang penyeberangan Merak - Bakauheni hingga tiga kali lipat dengan adanya dermaga eksekutif di Merak dan Bakauheni.

Budi menuturkan kemungkinan jumlah penumpang kapal penyeberangan feri rute Pelabuhan Merak, Banten - Bakauheni, Lampung, dapat menjadi 150.000 orang dari jumlah saat ini 50.000 penumpang dengan adanya dermaga eksekutif.

"Dari 50.000 penumpang bisa meningkat hingga 150.000 penumpang, karena ini menjadi suatu life style baru dari pengendara dari Jakarta sampai Palembang, terlebih [nantinya] ada jalan tol baru [jalan tol lintas Sumatra], keberangkatan kapal terjadwal," kata Budi melalui siaran pers pada Minggu (27/5/2017).

Saat ini, ujarnya, setidaknya terdapat 51.000 penumpang dan 10.000 kendaraan perhari yang menyeberang pada rute penyeberangan Merak -  Bakauheni.

Terkait dengan upaya peningkatan pelayanan, Budi meminta PT ASDP Indonesia Ferry segera menerapkan dan menyosialisasikan ketentuan pembatasan umur, ukuran, dan kecepatan kapal di lintas penyeberangan Merak - Bakauheni.

"Sekarang ini kapal di bawah 10 knot itu juga sudah tidak boleh di sini, jadi yang akan datang kapal berukuran 5.000 GT dan knotnya juga akan kita naikkan kalau bisa di atas 15 knot," lanjutnya.

Nantinya, menurut Menhub, kapal berukuran di bawah 5000 GT akan dialihkan untuk melayani di beberapa lintasan penyeberangan lainnya seperti di Batam, Balikpapan, dan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bakauheni asdp pelabuhan merak
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top