Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Minta UPT Perbibitan Tambah Indukan Sapi

Pimpinan Komisi IV DPR Herman Khaeron mendorong UPT Perbibitan agar lebih optimal menambah jumlah indukan untuk meningkatkan populasi ternak sapi. Apalagi produksi daging sapi lokal masih jauh untuk memenuhi kebutuhan daging nasional.
Sapi
Sapi

Bisnis.com, JAKARTA - Pimpinan Komisi IV DPR Herman Khaeron mendorong UPT Perbibitan agar lebih optimal menambah jumlah indukan untuk meningkatkan populasi ternak sapi. Apalagi produksi daging sapi lokal masih jauh untuk memenuhi kebutuhan daging nasional.

Hal ini disampaikan di sela-sela kunjungan kerja ke Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturraden di Limpakuwus, Banyumas, melalui siaran pers pada Kamis (4/5/2017).

Kementerian Pertanian juga didorong untuk menjalin kerjasama dengan Perhutani. Kerjasama ini untuk memanfaatkan lahan-lahan kehutanan bagi peternakan melalui konsep Silvo Pastura.

"Jalin kerjasama dengan Perhutani. Manfaatkan lahan-lahan Perhutani yang ada untuk pengembangan peternakan", tuturnya.

Peningkatan populasi ternak sapi memang tengah menjadi fokus Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. Salah satunya melalui program Upsus Siwab yang terus digencarkan.

Dirjen PKH Kementerian Pertanian I Ketut Diamirta menyampaikan siap menjalin kerjasama dengan Perhutani dalam pemanfaatan lahan bagi pengembangan peternakan. "Optimalisasi peran UPT Perbibitan sebagai penghasil bibit ternak unggul juga akan ditingkatkan," imbuhnya.

BBPTU-HPT Baturraden adalah salah satu UPT dengan luas lahan adalah 241,06 ha. Jumlah populasi ternak saat ini yakni sapi perah 1.418 ekor, kambing perah sanen 310 ekor, dan kambing perah peranakan etawa 147 ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper