SMK Wisudha Karya Peroleh Sertifikat Pengesahan dari Kemenhub

Kementerian Perhubungan memberikan sertifikat pengesahan (aproval) kepada SMK Wisuda Karya, Kudus, Jawa Tengah sebagai salah satu sekolahan maritim dengan lulusannya akan memiliki lisensi sebagai perwira kapal untuk bekerja di atas kapal niaga dalam negeri maupun luar negeri.
Puput Ady Sukarno | 24 Maret 2017 06:20 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - .Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, KUDUS - Kementerian Perhubungan memberikan sertifikat pengesahan (aproval) kepada SMK Wisuda Karya, Kudus, Jawa Tengah sebagai salah satu sekolahan maritim dengan lulusannya akan memiliki lisensi sebagai perwira kapal untuk bekerja di atas kapal niaga dalam negeri maupun luar negeri.

Aproval diberikan seiring telah lolosnya program keahlian nautika kapal niaga dan teknika kapal niaga SMK Wisudha Karya, Kudus memenuhi persyaratan Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW) 2010 dari International Maritime Organization (IMO).

Sertifikat pengesahan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di SMK Wisuda Karya Kudus, Jawa Tengah, Kamis (23/3), kepada sekolahan binaan Djarum Foundation bekerjasama dengan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) pada tahun 2014.

SMK Wisudha Karya pun menjadi salah satu dari tiga SMK maritim di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.

"Satu kabupaten memberikan arti bagi bangsa, menjadi satu titik di mana kita mencoba memberikan ruang swasta untuk membuat dunia pendidikan bukan saja dari pemerintah, swasta memberikan support proses pendidikan," kata Budi Karya di SMK Wisudha Karya, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (23/3/2017).

Hadir dalam pula dalam acara ini Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar, untuk menyaksikan penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara SMK Wisudha Karya dan ITE Education Services (ITEES) untuk meluncurkan program joint degree di bidang marine engineering.

ITEES merupakan bagian dari satu sekolah kejuruan di Singapura yang disebut Institute of Technical Education (ITE) yang khusus mengembangkan technical and vocational education and training (TVET) guna meningkatkan kemampuan masyarakat internasional.

Program Director Djarum Foundation, Primadi Serad mengatakan lulusan dari program ini akan menerima Higher National ITE Certificate pada bidang marine engineering dan mereka akan diwisuda di Kampus ITE Singapura.

"Dengan diperolehnya sertifikasi dari Kementerian Perhubungan dan juga program joint-degree bersama ITE, kami yakin lulusan sekolah ini akan sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan mapan yang menghargai pengetahuan dan pelatihan yang mereka terima," ujarnya.

Tag : djarum
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top