Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbaikan Jalan Cikijung-Darma Selesai sebelum lebaran

Perbaikan Jalan Raya Cikijing-Darma Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) yang longsor 17 Februari lalu ditargetkan selesai sebelum Hari Raya Lebaran.
Ilustrasi./JIBI-Rachman
Ilustrasi./JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Perbaikan Jalan Raya Cikijing-Darma Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) yang longsor 17 Februari lalu ditargetkan selesai sebelum Hari Raya Lebaran.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto mengatakan akibat longsor, lalu lintas dari Kabupaten Kuningan menuju Cikijing Kabupaten Majalengka terputus.

Jalan ini juga menjadi jalur utama arus mudik yang menghubungkan Cirebon (Jabar Utara) dan Ciamis (Jabar Selatan).

"Ruas jalan tersebut sudah bisa dilintasi sebelum arus mudik lebaran 2017," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (26/2/2017).

Ditambahkannya kejadian longsor terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi, yakni selama tiga hari berturut-turut sehingga menyebabkan debit air yang tertampung pada cekungan sebelah barat arah Cikijing sangat besar dan inlet gorong-gorong juga tidak mampu menampung air.

"Disamping itu tersumbatnya gorong-gorong yang berdiameter satu meter membuat tanah jenuh dan lereng tidak stabil sampai terjadinya longsor," jelas Arie.

Bencana longsor membuat lubang yang memutus jalan sedalam 5-13 meter dengan lebar 9-24 meter dan panjang 30 meter. Bahkan bisa bertambah panjang hingga 50-60 meter apabila tidak segera ditangani.

Perbaikan yang dilakukan akan bersifat permanen untuk mencegah longsor serupa terulang. Saat ini telah selesai dilakukan survey topografi dan uji geoteknik untuk menentukan desain penanganan permanen longsoran tersebut.

Penanganan permanen longsoran berupa perkerasan AC-WC setebal 4 sentimeter, Bahu Jalan agregat kelas B setebal 15 sentimeter, pemasangan dinding penahan tanah beton dengan spunpile, dan box culvert dengan lean concrete.

Panjang penanganan 60 meter dengan lebar badan jalan 7 meter dan bahu jalan 3 meter. Sedangkan estimasi biaya penanganan teknis longsoran ruas Cikijing-Darma ini sebesar Rp4,3 miliar.

Selama pekerjaan berjalan, telah dilakukan pengalihan lalu lintas bagi kendaraan dengan melewati Desa Jagara - Sakerta Timur - Sakerta Barat - Sukarasa - Cipasung - jalan nasional/simpang Cipasung.

Untuk kendaraan roda enam atau lebih dialihkan kembali menuju Jalan Raya Caracas Sumber Rajagaluh Majalengka, begitu pula sebaliknya.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan selama masa perbaikan berlangsung dan menghimbau masyarakat untuk senantiasa mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta berhati-hati dalam berkendara demi keselamatan bersama," tutur Arie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper