Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stabilitas Perekonomian Perlu Dikendalikan

Semua pihak diminta turut mendukung stabilitas perekonomian demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.
Ilustrasi: Kantor Bank Indonesia di Jakarta/Reuters-Iqro Rinaldi
Ilustrasi: Kantor Bank Indonesia di Jakarta/Reuters-Iqro Rinaldi

Bisnis.com, TERNATE - Semua pihak diminta turut mendukung stabilitas perekonomian demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Semua instansi terkait terutama yang masuk dalam TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) perlu bekerja sama demi terkendalinya stabilitas perekonomian di Indonesia. 

"FGD (Focus Group Discussion) ini sangat penting dan perlu dilakukan secara rutin dan berkala, agar permasalahan menyangkut stabilitas ekonomi yang selama ini ada pada level eceran bisa dibahas untuk diselesaikan secara bersama," kata Kepala Tim Penasihat dan Pengembangan Ekonomi Perwakilan BI Malut, Jarot Urawean di Ternate, Sabtu, seperti ditulis Antara, Minggu (15/1/2017) dinihari.

Ia menegaskan hal tersebut dalam acara diskusi yang melibatkan sejumlah SKPD penggerak ekonomi seperti BPS, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan asosiasi pemasok barang kebutuhan masyarakat.

Menurut Jarot, reformasi pangan dalam rangka menjamin ketersediaan pangan dan keterjangkauan harga serta mengurangi kesenjangan kesejahteraan harus didukung oleh semua pihak terkait.

Diungkapkan, permasalahan dalam pertumbuhan ekonomi Maluku Utara terjadi di tingkat pengecer yang masih sangat sulit diatur, selain arus pasokan barang yang terkendala cuaca dan terbatasnya kemampuan petani lokal dalam memproduksi komoditas pangan sehingga harus mendatangkannya dari luar daerah.

Di bidang perikanan, sebenarnya sudah banyak mengalami reformasi tetapi masalah penangkapan ikan hingga pemasarannya masih ada terkendala. Hal ini merupakan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan secara serius.

Dinas Kelautan dan Perikanan Malut telah melakukan berbagai upaya termasuk mendirikan Pasar Pembersihan dan Pendistribusian Ikan (PPDI) untuk menjaga stabilitas harga ikan, yang saat ini terlalu mahal.

"Laut Maluku Utara merupakan lumbung ikan, jadi mahalnya harga ikan ini harus disikapi secara serius," kata Jarot. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper