Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRANSPORTASI KEPULAUAN SERIBU: Layani Tiga Destinasi, ASDP Operasikan KMP Kundur

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meresmikan pengoperasian perdana lintasan baru menuju Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Untung Jawa, Pulau Kelapa, dan Pulau Pramuka pada Sabtu (14/1/2017)
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA  - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meresmikan pengoperasian perdana lintasan baru menuju Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Untung Jawa, Pulau Kelapa, dan Pulau Pramuka pada Sabtu (14/1/2017).

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi menyatakan, layanan feri ASDP menuju sejumlah destinasi Kepulauan Seribu resmi dimulai Sabtu (14/1/2017) dengan mengoperasikan KMP Kundur berukuran 300 GT berkapasitas angkut sekitar 220 orang penumpang.

"Realisasi layanan PT ASDP ini sesuai dengan penugasan dari Kementerian Perhubungan. Kami berharap kehadiran PT ASDP disini dapat memberikan alternatif transportasi bagi masyarakat luas, khususnya warga Kepulauan Seribu, " kata Faik dalam keterangan tertulis.

Ia mengatakan, dengan dioperasikannya layanan kapal feri menuju sejumlah destinasi Kepulauan Seribu, tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata, tetapi juga dapat menyokong distribusi logistik.

"Dengan masuknya layanan feri PT ASDP, juga membantu untuk menekan disparitas harga barang di wilayah Kepulauan Seribu. Karena selain angkut penumpang, kapal kami juga menyediakan tempat yang sangat luas untuk barang curah," tuturnya.

Untuk tahap perdana pengoperasian lintasan Kepulauan Seribu, KMP Kundur akan melayani masyarakat dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Namun, pada tahap selanjutnya, layanan kapal feri menuju sejumlah destinasi Kepulauan Seribu akan dilayani dari Pelabuhan Rakyat Muara Angke.

"Akan kami kaji lebih lanjut layanan dari Muara Angke untuk ke depannya. Aspek keselamatan akan menjadi hal utama dan mengacu dengan standar yang dimiliki ASDP saat ini. Selain itu, kami juga perlu mengetahui, kondisi dermaga, terminal penumpang, dan kondisi di pelabuhan setempat, " katanya.

Diungkapkan, layanan feri ASDP di Kepulauan Seribu akan menyesuaikan dengan kebutuhan. "Jika animo bagus, frekuensi tentu akan ditingkatkan," sebutnya.

KMP Kundur akan melayani destinasi ke tiga pulau Kepulauan Seribu setiap harinya. Layanan dimulai pagi hari dari Sunda Kelapa menuju pulau Untung Jawa, Kelapa dan Pramuka, lalu kembali lagi ke Sunda Kelapa pada sore hari.

Sekretaris Perusahaan ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat mengatakan, ASDP tidak hanya memberikan layanan penyeberangan ke Kepulauan Seribu yang aman dan selamat, tetapi juga dengan tarif yang terjangkau. Tarif pada lintasan Sunda Kelapa-Untung Jawa, dewasa Rp 38.000 anak-anak Rp 25.000. Pulau Untung Jawa-Pramuka dewasa Rp 40.000 anak-anak Rp 26.000.

Selanjutnya, tarif dari Sunda Kelapa - Pulau Kelapa dewasa Rp 46.000 anak-anak Rp 33.000. Pulau Untung Jawa-pulau Kelapa dewasa Rp 42.000 anak-anak Rp 27.000. Lalu, tarif dari Pulau Pramuka - Pulau Kelapa dewasa Rp 36.000 anak-anak Rp 24.000. Dan tarif dari Sunda Kelapa - Pulau Pramuka dewasa Rp 44.000 anak-anak Rp 28.000.

"Kami berharap, pengguna jasa dapat menikmati layanan kapal feri menuju destinasi Kepulauan Seribu ini. Kami juga akan terus meningkatkan layanan ke depannya, khususnya dalam mendukung pertumbuhan sektor pariwisata, " tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper