Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelolaan Dermaga Kali Adem Diserahkan ke Pemprov DKI

Pemerintah pusat setuju menyerahkan pengelolaan dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, kepada pemerintah DKI Jakarta guna menertibkan transportasi dari dan ke Kepulauan Seribu.
Express Bahari/Ilustrasi
Express Bahari/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah pusat setuju menyerahkan pengelolaan dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, kepada pemerintah DKI Jakarta guna menertibkan transportasi dari dan ke Kepulauan Seribu.

Dengan demikian, Kementerian Perhubungan juga akan melimpahkan wewenang pengelolaan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kepada DKI Jakarta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan pihaknya meminta kepada DKI Jakarta untuk memperbaiki dan menetapkan standar layanan dan keselamatan bagi Dermaga Kali Adem.

"Dalam waktu tidak lebih dari satu bulan, ada tim yang kita serahkan bawah kendali operasi (BKO) DKI. Ini terkait safety," paparnya dalam sambutan pengoperasian perdana Kapal KM Express Bahari 3B, Selasa (10/1/2017).

Selama ini, Menhub menilai adanya dua pengelolaan di dermaga penyeberangan ini membuat pihak DKI Jakarta ragu-ragu dalam bertindak. Padahal, dia meyakini potensi finansial DKI Jakarta untuk mengelola Kali Adem.

Keputusan menyerahkan operasional Kali Adem dan sekitarnya merupakan permintaan langsung Plt. Gubernur DKI Jakarta Soemarsono.

"Muara Angke dan sekitarnya, kami mohon izin untuk menangani. Provinsi DKI Jakarta siapa bersama-sama membenahi manajemen pelabuhan," ujarnya.

Dalam pernyataannya, Soemarsono juga menegaskan pihaknya siap dalam hal pendanaan untuk pengembangan dermaga di sekitar Muara Angke.

Namun, dia meminta pembiinaan SDM Dinas Perhubungan oleh Kemenhub dan kapasitas SDM yang cukup untuk menopang operasional mengingat jumlah petugas di Dinas Perhubungan tidak cukup banyak.

EXPRESS BAHARI

Pada Selasa (10/1), PT Pelni meresmikan operasional KM Express Bahari 3B yang melayani rute Jakarta-Kepulauan Seribu.

Pelni mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk mengoperasikan KM Express Bahari 3B.

Menhub Budi meresmikan pengoperasian KM Express Bahari 3B didampingi oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono dan Direktur Utama PT Pelni Elfien Goentoro di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.

Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio mengatakan KM Express Bahari 3B merupakan kapal cepat buatan 2005 dengan panjang 30 meter dan terbuat dari fiberglass.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper