Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONEKSI PERBATASAN: 2017, Pelni Buka Rute dari Nunukan ke Surabaya

PT Pelni akan membuka rute Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara-Surabaya, Jawa Timur yang rencananya beroperasi pada Februari 2017.
Kapal Pelni/Ilustrasi-Antara
Kapal Pelni/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, NUNUKAN - PT Pelni akan membuka rute Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara-Surabaya, Jawa Timur yang rencananya beroperasi pada Februari 2017.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nunukan, Petrus Kanisius di Nunukan, menyatakan pihaknya telah menyurat kepada pemerintah pusat sekaitan dengan kepastian pengoperasian armada PT Pelni tersebut.

Dia menegaskan pengoperasian kapal PT Pelni menjadi bagian dari tol laut yang diprogramkan pemerintah pusat agar memudahkan pasokan kebutuhan pokok ke seluruh Indonesia, termasuk wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan.

Terwujudnya tol laut dengan rute Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan menuju Surabaya, Jatim, dan sebaliknya itu diharapkan harga kebutuhan pokok di daerah itu menjadi lebih murah.

"Konsep tol laut yang diprogramkan pemerintah dengan tujuan pasokan kebutuhan pokok dalam waktu dekat segera terealisasi. Diperkirakan rute ini mulai beroperasi pada Februari 2017 antara Kabupaten Nunukan dan Surabaya (Jatim)," ucapnya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (24/12/2016).

Berdasarkan informasi, ucapnya, tol laut dari Pulau Jawa menuju wilayah Kalimantan yakni tujuan Sangata Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Malinau, Bulungan dan Nunukan.

Khusus Kabupaten Nunukan sendiri direncanakan kapal PT Pelni khusus mengangkut bahan kebutuhan pokok tersebut akan berlabuh di Pelabuhan Tunon Taka dan Pelabuhan Sei Nyamuk Pulau Sebatik.

Petrus Kanisius juga meyakini, ketergantungan ekonomi masyarakat perbatasan di Kabupten Nunukan terhadap Malaysia akan segera diakhiri dengan beroperasinya tol laut tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper