Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LIBUR MAULID: Waspadai Volume Padat Kendaraan di Ruas-ruas Tol Ini

PT Jasa Marga Tbk memproyeksikan volume lalu lintas yg akan keluar dari Jakarta menjelang Libur Panjang Maulid Nabi Tahun 2016 akan meningkat signifikan pada GT Cikarang Utama (entrance) arah Cikampek, dan di beberapa gerbang tol seperti GT Karang Tengah arah Merak dan GT Cibubur Utama.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 Desember 2016  |  15:13 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di ruas pintu Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/7/2015). Pada H-2 Lebaran arus mudik di jalur tol Jakarta-Cikampek melalui pintu tol Cikarang Utama terpantau padat. - Antara
Sejumlah kendaraan melintas di ruas pintu Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/7/2015). Pada H-2 Lebaran arus mudik di jalur tol Jakarta-Cikampek melalui pintu tol Cikarang Utama terpantau padat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk. memproyeksikan volume lalu lintas yang akan keluar dari Jakarta menjelang libur panjang Maulid Nabi 2016 meningkat signifikan pada GT Cikarang Utama (entrance) arah Cikampek, dan di beberapa gerbang tol seperti GT Karang Tengah arah Merak dan GT Cibubur Utama.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan volume lalu lintas pada libur Maulid Nabi 2016 yang keluar dari Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama di Ruas Tol Jakarta-Cikampek akan melonjak 29,07% dari lalu lintas normal.

Pada kondisi normal volume lalin yang melintas di ruas itu sekitar 77.403 kendaraan. Dengan demikian, pada libur panjang Maulid Nabi volume lalu lintas puncak akan terjadi pada 9 Desember yang diperkirakan mencapai 99.905 kendaraan.

“Gerbang Tol lain yang juga mengalami peningkatan volume lalu lintas yang cukup signifikan dibandingkan dengan lalin pada kondisi normal yaitu di GT Karang Tengah Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang,” katanya seperti yang dikutip dari keterangan resminya, Jumat (9/12/2016)

Heru menjelaskan puncak lalu lintas bagi kendaraan yang meninggalkan Jakarta di ruas itu diprediksikan mencapai 111.451 kendaraan atau naik sebesar 8,51% dari kondisi normal sebesar 102.711 kendaraan. 

Selain itu ungkapnya lonjakan volume lalin juga diproyeksi terjadi di GT Cibubur Utama Ruas Jalan Tol Jagorawi. Pada kondisi normal volume lalin mencapai sekitar 85.621 kendaraan, sedangkan puncak lalin yang keluar dari Jakarta melalui GT Cibubur Utama diproyeksi akan mencapai 104.003 kendaraan atau melonjak 21,47% dari kondisi normal.

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Jumat, 9 Desember 2016 dan arus balik akan terjadi pada Senin, 12 Desember 2016. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, katanya, Jasa Marga akan menambah jumlah petugas pengumpul tol pada gerbang tol padat, yaitu dengan melaksanakan transaksi jemput kendaraan (JKR) pada saat terjadi antrean panjang di GT Cikarang Utama, GT Cibubur Utama  dan  Jemput Transaksi (PUTTRA) di Gerbang Tol Karang Tengah.

Rekayasa lalu lintas dilakukan dengan penempatan petugas di simpul kemacetan (I/C Cikunir, TIP, GT Cikarut dan Jalur Utama). Tak hanya itu, rencananya juga dilakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan.

Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan petugas terkait seperti di lokasi Cikunir dengan buka/tutup lalu lintas dari arah Rorotan ke Cikampek dengan prioritas utama lalu lintas dari arah Cawang dan Jatiasih yang menuju Cikampek. Selain itu, juga dilakukan pengalihan arus lalu lintas dari Jatiasih menuju Cikampek di SS Cikunir via Sodetan/GT Kalimalang 2.

Gerbang Tol Cikarang Utama 2 yang semula merupakan gerbang keluar digunakan menjadi gerbang masuk pada arus mudik dan pada arus balik GT Cikarang Utama 1 yang semula merupakan gerbang masuk digunakan menjadi GT keluar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol jasa marga ruas tol
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top