Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gardu Induk Jakabaring Diresmikan

Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Ishak Mekki dan Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin meresmikan pengoperasian Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) New Jakabaring dan GI 150 kV Gandus.
Jaringan listrik. /Bisnis.com
Jaringan listrik. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Ishak Mekki dan Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin meresmikan pengoperasian Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) New Jakabaring dan GI 150 kV Gandus.

Gardu induk ini akan memasok listrik Palembang dan mendukung proyek light rail train (LRT) yang akan menghubungkan jalur dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II ke Jakabaring Sport Center.

Selain dua gardu induk tersebut, juga diresmikan operasionalisasi dua jalur transmisi 150 kV Phi Incomer yang melewati jalur Mariana-Keramasan dan Keramasan-Talang Kelapa.

"Ada tiga upaya PLN untuk mensukseskan event akbar di Palembang," jelas Amir Rosidin dalam rilisnya, Rabu (30/11/2016).

Pertama, memperbaiki jaringan transmisi listrik dan membangun lima gardu induk baru di antaranya adalah GI New Jakabaring, GI Gandus, GI Kenten Ekspansi, serta GI yang menggunakan gas insulated yaitu GI Boom Baru dan GI Lebar Daun.

Kedua, PLN menyiapkan listrik untuk LRT dengan menggelar jaringan sepanjang 120 km untuk memperkuat listrik di setiap stasiun pemberhentian LRT.

Ketiga, menggeser transmisi untuk persiapan Grandprix di Jakabaring.

"Saya yakin stok dari gardu induk ini cukup aman untuk even Asian Games 2018. Kami berterima kasih kepada PLN karena membangun infrastruktur kelistrikan di Sumatera Selatan. Ini bukti Palembang benar-benar lumbung energi yang masyarakatnya tidak kekurangan energi," tutur Ishak Mekki.

Sebelum GI New Jakabaring beroperasi, listrik untuk Jakabaring dan sekitarnya dipasok dari GI Keramasan, GI Kedukan, GI Bungaran. Untuk listrik di kota Palembang sebelumnya juga dipasok dari GI Talang Ratu, GI Siguntang dan GI IPP Musi 2.

Hadirnya dua GI baru dan transmisi phi incomer ini dipastikan dapat meningkatkan kehandalan listrik dan pelayanan di kota Palembang, khususnya untuk Komplek Sport Center Jakabaring Palembang, operasional LRT, instansi, mal, pertokoan, pemukiman penduduk yang akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi kota Palembang.

GI New Jakabaring berlokasi di Kelurahan Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin. Pembangunan GI New Jakabaring dimulai pada 2013 dan mulai beroperasi pada Oktober 2016.

GI ini memiliki trafo dengan kapasitas 1x60 MVA dan terdapat tiga tower V Connection. Nantinya, GI ini akan memenuhi kebutuhan pasokan listrik di daerah Jakabaring dan sekitarnya serta mendukung kebutuhan listrik untuk Asian Games 2018, Jakabaring Sport Center dan operasional LRT.

Sedangkan GI Gandus berlokasi di Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang. Pembangunan GI Gandus dimulai pada 2013 dan mulai beroperasi pada November 2016.

GI ini memiliki trafo dengan kapasitas 1x30 MVA dan 1x60 MVA yang memiliki lima tower V Connection. Kedepannya, GI ini akan memenuhi kebutuhan pasokan listrik di daerah Soekarno-Hatta dan sekitarnya termasuk Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II serta LRT di Bandara tersebut.

Dua transmisi phi incomer tersebut akan mengevakuasi daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) Keramasan yang selanjutnya akan disalurkan melalui GI New Jakabaring dan GI Gandus.

Dalam pembangunan GI New Jakabaring dan GI Gandus memiliki beberapa kendala, seperti pembebasan lahan, pembebasan jalur di bawah transmisi dan gejolak finansial pada 2012 yang membuat kurs saat itu naik. Oleh karena itu, GI ini cukup lama diselesaikan selama 3 tahun.

Namun berkat bantuan masyarakat dan stakeholders di Sumatera Selatan, infrastruktur kelistrikan ini berhasil beroperasi. Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan Pemerintah Kota Palembang yang memberikan izin lokasi pembangunan GI sejak 2012 untuk GI New Jakabaring dan 2013 untuk GI Gandus.

Selain itu, kerjasama yang konsisten juga terjalin dengan Pemerintah Provinsi, BIN Daerah, Kepolisian, Komando Daerah Militer, Kejaksaan Tinggi dan tokoh masyarakat di Sumatera Selatan yang membantu menangani permasalahan pembebasan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper