Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKPM Ingatkan Peran Pemda Dukung Investasi

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengingatkan peran pemerintah daerah untuk mendukung investasi di Indonesia.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengingatkan peran pemerintah daerah untuk mendukung investasi di Indonesia.

Tom, sapaan Thomas, dalam jumpa pers di sela Indonesia Economic Forum 2016 di Jakarta, Selasa, mengatakan hal tersebut perlu kembali ditegaskan lantaran realisasi investasi di Indonesia yang masih belum merata antara kawasan barat dan timur.

"Saya ingin tanya, peran Pemda seperti apa? Sayangnya peran Pemda masih berat di perizinan dan persyaratan sehingga hasilnya duplikatif dengan perizinan pusat, bahkan tumpang tindih," katanya.

Tom menuturkan, Pemda seharusnya bisa mengambil peran untuk mendukung investasi dengan memfasilitasi dan melayani investor agar lebih cepat merealisasikan investasinya.

Namun, ia mengingatkan agar jangan sampai mengacuhkan hukum adat, tradisi dan budaya setempat.

"Hukum adat penting dan tidak boleh dicemoohkan. Kami ingin perkembangan ekonomi yang tetap menghormati adat, tradisi, dan budaya khas masing-masing. Jangan dipaksa untuk segera beralih," katanya.

Tom menambahkan, terkait hukum adat di sejumlah wilayah, harus ada pendekatan pribadi atau pun sosial yang dilakukan.

"Maka prinsip kemitraan bisa dijadikan jalan tengah. Dan Pemda bisa berperan karena paling dekat dan paling mengerti. Pemda seharusnya bisa lebih berperan di situ daripada duplikasi perizinan pusat sehingga jadi tumpah tindih," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper