Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Marga Sarana Jabar Berikan Dana Talangan Lahan

PT Marga Sarana Jabar (MSJ), perusahan pengelola dan operator Jalan Tol Lingkar Bogor (Bogor Ring Road) melakukan amandemen Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada Jumat (11/11/2016) untuk memberikan dana talangan lahan senilai Rp1,032 triliun
Ilustrasi./.wikipedia
Ilustrasi./.wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA— PT Marga Sarana Jabar (MSJ), perusahan pengelola dan operator Jalan Tol Lingkar Bogor (Bogor Ring Road) melakukan amandemen Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada Jumat (11/11/2016) untuk memberikan dana talangan lahan senilai Rp1,032 triliun.

Kepala Bidang Investasi dan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Sudiro Roi Santoso mengatakan penambahan dana talangan itu digunakan untuk mempercepat pembebasan lahan di seksi II B sepanjang 2,6 km serta ruas sisanya.

“Dengan demikian komitmen dana talangan mencapai Rp32,16 triliun, dengan yang telah disetor RP5,59 triliun dan yang telah disalurkan kepada warga Rp5,18 triliun,” katanya Senin (14/11)

Sebelumnya Roi mengatakan komitmen dana talangan juga bertambah dari ruas Serpong—Cinere senilai Rp2,743 triliun dan Depok—Antasari senilai Rp1,33 triliun

Adapun PT Marga Sarana Jabar, merupakan patungan antara Jasa Marga dengan kepemilikan 55%, dengan PT Citra Marga Nusaphala Persada 30% serta BUMD provinsi Jawa Barat. Marga Sarana Jabar 15%.

Saat ini pembebasan lahan di seksi 2B belum juga tuntas dari target semula hhingga akhir tahun ini lantaran ketersediaan pengadaan tanah yang dilakukan oleh pemerintah akibat dana yang terserap habis.

Bogor Ring road merupakan jalan tol yang menghubungkan Sentul Selatan (Jalan Tol Jagorawi) dengan Dramaga (Kampus IPB). Jalan tol ini merupakan jawaban atas perkembangan wilayah Bogor yang mengalami peningkatan pada kegiatan ekonomi, industri maupun perumahan. Hal ini menyebabkan peningkatan kebutuhan infrastruktur untuk lebih meningkatkan aksesibilitas di dalam wilayah Bogor maupun dari dan keluar wilayah Bogor.

Semenjak November 2009 lalu, Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi I antara Sentul Selatan –Kedung Halang sudah dioperasikan. Hal ini sangat membantu mempercepat akses pengguna jalan tol Jagorawi yang akan menuju kota Bogor wilayah Utara tanpa harus melalui pusat kota Bogor terlebih dahulu.

Sementara itu, Jalan tol seksi II Asepanjang 2 kilometer (km) ini menghubungkan antara Jalan Soleh Iskandar menuju jalan tol BORR Seksi I telah dioperasikan 2014 lalu Jalan yang memiliki dua ruas jalan ini bisa menampung banyak kendaraan dari arah Parung, Bogor untuk memasuki jalan Tol Jagorawi melalui pintu Masuk Tol Sentul Selatan.

Jalan Tol Bogor Ring Road, dengan total 11 km, dikerjakan secara bertahap menjadi tiga seksi seiring berkembangnya lalu lintas pada ruas tersebut. Seksi 1 (Sentul Selatan-Kedung Halang) sepanjang 3,7 km Sudah beroperasi Pada November 2009. Seksi 2 (Kedung Halang-Yasmin) 4,10 km, saat ini tengah dalam konstruksi untuk Seksi 2A (Kedung Halang-Kedung Badak)sepanjang 2 km. Seksi 3 (Yasmin-Dramaga) 4,1 km

Setelah tol BORR rampung, rencananya akan dibangun terminal di kawasan Ciluar Bogor Utara dan kawasan komersial di sepanjang jalan tol yang diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah Bogor dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper