Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RENOVASI GBK: Sertifikasi Internasional Diajukan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan Renovasi dan penataan kawasan GBK yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII pada 2018 nanti bertujuan agar GBK mempunyai standar internasional untuk pertandingan olahraga.
Stadion Gelora Bung Karno/Reuters-Darren Whiteside
Stadion Gelora Bung Karno/Reuters-Darren Whiteside

Binsis.com, JAKARTA-- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan Renovasi dan penataan kawasan GBK yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII pada 2018 nanti bertujuan agar GBK mempunyai standar internasional untuk pertandingan olahraga.

Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Adjar Prayudi mengatakan perlunya fasilitas baru "Asian Games XVIII di Jakartayang mana  field of play-nya harus memenuhi standar internasional.

“Misal stion aquatic, tadinya 8 line, aturan terbaru internasional harus ada 10 line, aturan baru harus 3 meter kedalamannya juga kita penuhi," katanay seperti yang dikutip dari keterangan resminya Senin (24/10).

Adjar menyatakan saat ini tengah berupaya melakukan kordinasi dengan sejumlah federasi cabang olahraga internasional untuk memperoleh sertifikasi standar internasional tersebut.

Ia memastikan renovasi tersebut tidak akan merusak sejumlah bangunan yang menjadi cagar budaya di lingkungan GBK.

Ada 5 bangunan yang ditetapkan sebagai cagar budaya yaitu stadion utama, istora senayan, stadion aquatic, lapangan madya dan lapangan tenis outdoor. Menurutnya ada sejumlah syarat tertentu yang telah ditetapkan oleh tim pemugaran, diantaranya tidak boleh merubah wajah asli dari bangunan yang lama

Adjar mengatakan bahwa renovasi 14 bangunan tersebut ditargetkan selesai pada Juni atau September 2017, selanjutnya mulai Desember 2017 hingga Juli 2018 akan dilakukan pre test event.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper