Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Logistik Jadi Sektor Paling Getol Borong Lahan Industri

Perusahaan konsultan properti, Colliers International Indonesia melansir sektor logistik menjadi sektor yang paling ekspansif dalam membeli lahan baru hingga kuartal III/2016.

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahaan konsultan properti, Colliers International Indonesia melansir sektor logistik menjadi sektor yang paling ekspansif dalam membeli lahan baru hingga kuartal III/2016.

Berdasarkan riset Colliers yang dikutip Bisnis.com, Selasa (10/10/2016), sebanyak 48% lahan yang terjual dalam sembilan bulan 2016 berasal dari sektor logistik. Tren ini sekaligus memutus tren  penyerapan lahan dari sektor otomotif sejak 2012.

Pada 2012 dan 2013, sektor otomotif menyerap 55% penjualan lahan. Angka tersebut berangsur turun menjadi 23% dan 26% pada 2014 dan 2016. Adapun, total lahan terjual hingga September 2016 mencapai 107,41 hektare. 

"Seperti kuartal sebelumnya, logistik dan pergudangan menjadi sektor yang masih aktif [membeli lahan], aik untuk membangun gudang bagi keperluan klien mereka maupun untuk kebutuhan internal," tulis Colliers.

Selain logistik, Colliers juga melansir sektor consumer good menjadi sektor yang paling aktif membeli lahan. Sektor ini menurut Colliers akan terus melakukan ekspansi di masa yang akan datang mengingat sektor itu merupakan kebutuhan dasar. 

Berdasarkan porsi, pembelian lahan oleh sektor consumer good mencapai 10% per kuartal III/2016. Angka ini lebih rendah dibandingkan pada 2014 dan 2015 masing-masing sebesar 29% dan 31,39%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper