Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Bisa Pantau Lalu Lintas di Makassar Secara Real Time

Pergerakan lalu lintas kendaraan pada sejumlah jalan arteri yang terhubung dengan ruas tol di Kota Makassar telah bisa terpantau secara real time oleh khalayak.
Lalu lintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Selatan/Ilustrasi-Antara
Lalu lintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Selatan/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Pergerakan lalu lintas kendaraan pada sejumlah jalan arteri yang terhubung dengan ruas tol di Kota Makassar telah bisa terpantau secara real time oleh khalayak.

Sistem yang dikembangkan oleh operator tol Makassar PT Margautama Nusantara tersebut diimplementasikan melalui traffic information system (TIS) diharapkan pula mampu menjadi solusi dalam mengatasi dan mengurai kemacetan di kota tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna penerapan TIS di Makassar merupakan yang pertama di Tanah Air dan bakal menjadi pilot project di Tanah Air dalam hal penyediaan informasi lalu lintas secara real time.

"Pengembangan teknologi ini selanjutnya menjadi kolaborasi efektif antara swasta dan pemerintah dalam pelayanan publik. Apalagi Makassae punya konsep smart city, tentu saling mendukung," katanya di sela-sela Launching TIS Makassar, Kamis (6/10/2016).

Adapun TIS selanjutnya menyediakan informasi ke pengguna jalan dalam bentuk visualisasi lalu lintas di dalam dan luar tol, travel time dari satu titik ke titik lain serta video real time terintegrasi dengan 100 CCTV.

Secara detail, seluruh informasi pendukung yang terhimpun lalu diproses, dikalkulasi, dan diintegrasikan di central control room untuk selanjutnya ditampilkan pada videotron untuk pengguna jalan maupun melalui aplikasi di smartphone.

Sebagai informasi, trafik lalu lintas pada ruas tol kelolaan Margautama Nusantara secara harian mencapai 57.232 unit dan diestimasi terus megalami peningkatan seiring dengan performa perekonomian Makassar yang secara konsisten berada pada kisaran 9% per tahun.

Chief Operating Officer Margautama Nusantara Joko Santoso menjelaskan sistem yang dikembangkan oleh perseroan tersebut diperkuat dengan jaringan fiber optic sehingga bakal lebih memperkuat performa penyediaan informasi oleh TIS tersebut.

Sejauh ini, lanjutnya, perseroan telah menyediakan pula tiga videotron yang ditempatkan di Jalan Nusantara, Jalan AP Pettarani serta Ruas Poros Makassar-Maros, yang mana ketiganya merupakan ruas arteri yang terhubung langsung dengan gerbang tol utama.

Margautama Nusantara yang merupakan anak usaha dari PT Nusantara Infrastucture Tbk. itu diketahyi telah menyiapkan TIS bersama dengan Pemkot Makassar sejak 2014 lalu sebagai bagian dari mendukung program samrt city terkhusus untuk segmen tata kelola lalu lintas di kota tersebut.

"Sistem ini kami bangun bersinergi dengan Pemkot Makassar agar penerapannya jauh lebih maksimal dan efektif dalam mengurai kemacetan, terkhusus pada jam-jam sibuk," ucapnya.

Dalam kesempatan sama, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan untuk jangka panjang sistem tersebut segera terkoneksi dengan sistem pemantauan kota yang telah terlebih dahulu dioperasikan pemerintah kota.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper