Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Batik TBIG Gunakan Limbah Kopi untuk Pewarna Batik

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) melalui Rumah Batik TBIG mengampanyekan penggunaan bahan alami, yakni limbah kulit kopi.
Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo/Antara
Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) melalui Rumah Batik TBIG mengampanyekan penggunaan bahan alami, yakni limbah kulit kopi.

Kampanye dan edukasi pemanfaatan limbah kopi sebagai bahan baku pewarna batik dilakukan kepada pengunjung Batang Expo 2016, yang diselenggarakan oleh Pemkab Batang, Jawa Tengah pada 29 September hingga 3 Oktober 2016.

Kampanye dan edukasi pemanfaatan limbah kopi diklaim mendapat dukungan komunitas penggiat kopi Batang Menyeduh. Tim Rumah Batik TBIG dan Koperasi Bangun Bersama kemudian memperagakan dan memberikan pelatihan kepada pengunjung pameran Batang Expo 2016.

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengapresiasi langkah Rumah Batik TBIG bersama komunitas penggiat kopi Batang Menyeduh yang melakukan kampanye dan pelatihan tersebut yang ditujukan untuk membantu promosi potensi ekonomi daerah.

“Pembangunan ekonomi Batang akan berdampak terhadap perekonomian di Jawa Tengah di waktu-waktu mendatang,” jelas Yoyok di Batang, dalam keterangan pers yang diterima, Senin (3/10/2016).

Sebagai sebuah daerah yang memiliki sejarah perkebunan yang panjang, ucapnya, Kabupaten Batang juga memiliki potensi andalan dari produk perkebunan, salah satunya adalah penghasil kopi. Tidak kurang dari 15 ton limbah kulit kopi dihasilkan oleh perkebunan kopi di kabupaten tersebut.

Selama keikutsertaannya di acara tersebut selama dua hari, tim pengajar Rumah Batik TBIG memperagakan cara pewarnaan batik dengan menggunakan limbah kulit kopi.

Partisipasi Rumah Batik TBIG dalam kegiatan edukasi pewarna alami merupakan bagian dari program yang dicanangkan sejak kuartal pertama 2016.

Sejak enam bulan terakhir, Rumah Batik TBIG berhasil mengembangkan limbah kopi sebagai pewarna alami untuk Batik bekerja sama dengan komunitas dan penggiat kopi di wilayah Jawa Tengah.

Rumah Batik TBIG merupakan salah satu dari empat program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Tower Berama Infrastructure Tbk, yakni Bangun Budaya Bersama di bidang budaya, Bangun Sehat Bersama (kesehatan), Bangun Cerdas Bersama (pendidikan), dan Bangun Hijau Bersama (lingkungan).

Presiden Direktur PT Tower Bersama Infrastructucture Tbk, Herman Setya Budi mengatakan Rumah Batik TBIG untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan agar para perajin batik skala mikro dapat tumbuh dan berkembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper