Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sulbar Kembangkan Minat Budidaya Kakao

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berupaya mengembangkan minat masyarakat dalam membudidayakan kakao melalui program pelatihan guna meningkatkan kesejahteraannya, kata Pelaksana Tugas Dinas Perkebunan Sulbar, Tanawali.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berupaya mengembangkan minat masyarakat dalam membudidayakan kakao melalui program pelatihan guna meningkatkan kesejahteraannya, kata Pelaksana Tugas Dinas Perkebunan Sulbar, Tanawali.

"Salah satu kendala mengembangkan kakao adalah karena minat masyarakat mengembangkan kakao masih sangat rendah," ujarnya di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, minat masyarakat di Sulbar mengembangkan kakao mesti terus ditingkatkan dengan mengubah pola pikir (mindset)-nya mengenai kakao.

"Kakao adalah komoditi yang menjanjikan dikembangkan karena bernilai ekonomi tinggi, dan mampu menyejahterakan masyarakat. Selama ini masyarakat belum begitu mengembangkan kakao tersebut karena dianggap tidak menjanjikan bagi peningkatan kesejahteraannya," katanya.

Oleh karena itu, ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulbar segera akan mendorong sejumlah sosialisasi dan pelatihan merubah pola pikir masyarakat agar terus mengembangkan kakao.

"Kakao dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, jika kesadaran masyarakat juga meningkat mengembangkan kakao," katanya.

Ia mengemukakan bahwa jumlah permintaan kakao semakin tinggi, khususnya ke negara Swiss dan Italia.

"Peluang masyarakat memproduksi kakao sangat besar karena dukungan pemerintah dan juga pasarnya jelas karena permintaan tinggi, sehingga masyarakat mesti tetap mengembangkan komoditi tersebut," katanya menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper