Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shonen Fight, Juarai Kompetisi UKM ala Bank DBS Indonesia

Shonen Fight, UKM bidang seni rupa asal Jakarta, berhasil meraih juara pertama DBS Bring Indonesia to Global (DBS BIG): Creative Business Challenge 2016 yang digelar oleh PT Bank DBS Indonesia.
Pemberian hadiah Creative Business Challenge 2016/Facebook Shonen Fight
Pemberian hadiah Creative Business Challenge 2016/Facebook Shonen Fight

Bisnis.com, JAKARTA—Shonen Fight, UKM bidang seni rupa asal Jakarta, berhasil meraih juara pertama DBS Bring Indonesia to Global (DBS BIG): Creative Business Challenge 2016 yang digelar oleh PT Bank DBS Indonesia.

Direktur Strategi dan Pengembangan PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengungkapkan selama empat bulan DBS BIG digelar hingga akhirnya terpilih Shonen Fight sebagai juara pertama. Sedangkan, juara kedua dari Copycino, UKM bidang apps dan online asal Jakarta dan juara ketiga diraih oleh Super Roti, UKM bidang kuliner asal Semarang.

“Ketiga pemenang tersebut adalah UKM yang berhasil memenuhi kriteria dari DBS BIG, yaitu UKM kreatif dengan orientasi ekspor,” paparnya dalam siaran pers, Senin (15/8/2016).

Bersama Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), ucapnya, Pemerintah Indonesia tengah berfokus pada pengembangan bisnis UKM untuk meningkatkan kontribusi PDB mencapai 12% pada tahun 2019. Selain itu juga untuk mengasah daya saing negeri di mancanegara.

“Dari sisi perbankan, kami senantiasa siap menjadi mitra strategis dalam mendukung agenda-agenda pemerintah, salah satunya adalah dengan mempersiapkan pelaku UKM dan wirausaha sosial yang kompetitif dan siap dengan kualitas ekspor,” terangnya.

Dia menambahkan dengan bimbingan dan pelatihan intensif yang diberikan selama masa karantina, Bank DBS Indonesia meyakini para pemenang akan mampu untuk meningkatkan kualitas usahanya dan bersaing dengan negara lain. Hal ini juga sejalan dengan kampanye brand Live More di mana pihaknya ingin memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan ingin mereka merasakan kualitas hidup yang baik.

“Pada tahap semifinal, telah disaring 11 UKM dari berbagai daerah di Indonesia yang bersaing untuk menjadi tiga besar dalam kompetisi ini. Para semifinalis telah mengikuti masa karantina, sesi pendampingan, rangkaian workshop dan lain sebagainya,” katanya.

Pada kompetisi ini, lanjutnya, para pemenang mendapatkan uang tunai dengan total nilai sebesar Rp300 juta, dana dukungan/voucher khusus pembeliat peralatan kantor dengan total nilai Rp105 juta, memperoleh kesempatan presentasi model bisnis berorientasi ekspor di depan para pebisnis profesional dan senior Indonesia.

“Selain itu terpilih Aroma Cake Buah Naga, dari Batam dengan bidang kuliner pada kompetisi ini sebagai pemenang favorit pada kompetisi DBS BIG dan mendapatkan uang tunai senilai Rp30 juta. Aroma Cake Buah Naga dipilih berdasarkan total view dan jumlah like terbanyak dari video pendaftaran,” ujarnya.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengharapkan akan muncul lebih banyak UKM untuk mengembangkan usahanya ke skala yang lebih besar, yaitu mancanegara. Terlebih sektor ekonomi kreatif merupakan salah satu pilar yang memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada perekonomian Indonesia, dengan adanya peningkatan pada sektor ini pihaknya meyakini kontribusinya terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper