Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Impor Rp56 Miliar, KKP Kembangkan Artemia di Tiga Daerah Percontohan

Kementerian Kelautan dan Perikanan mengembangkan tiga daerah sebagai proyek percontohkan produksi artemia, pakan alami esensial untuk larva ikan dan udang, sebagai solusi menekan impor sebesar Rp56 miliar per tahun.nn
Ilustrasi: larva ikan dan artemia/artemiaworld.com
Ilustrasi: larva ikan dan artemia/artemiaworld.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan mengembangkan tiga daerah sebagai proyek percontohkan produksi artemia, pakan alami esensial untuk larva ikan dan udang, sebagai solusi menekan impor sebesar Rp56 miliar per tahun.

Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya KKP Slamet Soebjakto mengatakan tiap tahun Indonesia mengimpor 40 ton artemia untuk kegiatan usaha akuakultur. Negara-negara produsen adalah Amerika Serikat, China dan Vietnam.

“Sangat disayangkan kalau kita sendiri tidak bisa memproduksi artemia. Sementara kita sendiri memiliki teknologi dan lahannya,” katanya dalam siaran pers, Minggu (14/8/2016).

Untuk itu, Slamet menambahkan KKP telah memulai proyek percontohan produksi artemia di Jepara, Rembang dan Madura masing-masing seluas 5 hektare (ha), 10 ha, dan 0,5 ha. Menurutnya, artemia sangat cocok dikembangkan di daerah-daerah penghasil garam.

“Lebih-lebih, area tambak garam nasional, berdasar data 2015 seluas 25.830 ha. Ini sangat luas dengan perairan yang begitu subur,” katanya.

Berdasarkan analisa usaha budi daya artemia di tambak garam, KKP menilai bisnis ini cukup menguntungkan. Dari 1 ha lahan budi daya artemia dapat menghasilkan 200 kg-300 kg cyst artemia per siklus (3-4 bulan di musim kemarau).

Dengan harga artemia cyst per kilogram basah adalah Rp300.000 maka akan diperoleh hasil Rp60 juta–90 juta per siklus. Kemudian, biaya produksi budi daya artemia per siklus per hektar berkisar Rp 15 juta-Rp 20 juta. Apabila dihitung, maka keuntungan yang akan diperoleh adalah Rp40 juta–60 juta per siklus.

Slamet menjelaskan, artemia bisa diproduksi dalam bentuk cysts maupun biomassa (hidup). Produksi biomasaa artemia per hektar adalah 400 kg dengan harga mencapai Rp75.000 per kg. “Artinya, dalam setiap 1 ha lahan, biomassa artemia yang dihasilkan bernilai sekitar Rp30 juta,” ujarnya.

Guna memudahkan proses penyerapan pasar artemia, KKP telah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan dua BUMN dan satu perusahaan swasta, yakni Perum Perikanan Indonesia (Perindo), PT Garam, dan PT Arafura Marikultur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper