Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ikatan Alumni ITB akan Berikan Rekomendasi Strategi Penanganan Teluk Jakarta

Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) membentuk Tim Panel Ahli Independen yang bertugas merumuskan rekomendasi Strategi Penanganan Teluk Jakarta berdasarkan pendekatan Teknokratis. Rekomendasi tersebut akan disampaikan kepada Presiden Jokowi dan kepada publik bulan Agustus 2016 mendatang.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Agustus 2016  |  18:55 WIB
Ikatan Alumni ITB akan Berikan Rekomendasi Strategi Penanganan Teluk Jakarta
Reklamasi Teluk Jakarta - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) membentuk Tim Panel Ahli Independen yang bertugas merumuskan rekomendasi “Strategi Penanganan Teluk Jakarta berdasarkan pendekatan Teknokratis”.

Rekomendasi tersebut akan disampaikan kepada Presiden Jokowi dan kepada publik bulan Agustus 2016 mendatang. “Tim ahli ini akan bertugas selama tiga bulan penuh, hingga bulan Agustus mendatang. Persisnya sampai tim ini bisa menghasilkan rumusan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Presiden Jokowi,” kata Ketua Umum IA-ITB Ridwan Djamaludin dalam siaran persnya.

Diakui selama ini proses pembangunan di Pantai Utara Jakarta selalu diwarnai pro dan kontra. Kontroversi itu, tambah Ridwan, tak dapat dihindari baik dari sisi pemerintah, masyarakat, LSM maupun swasta.

“Pasalnya setiap stakeholders selalu membawa kepentingan yang ingin diwujudkan. Baik antara Pemerintah dan Pemda; Pemerintah dan masyarakat serta pemangku lainnya. Perbedaan tersebut menyebabkan pro kontra hingga kini,”ujar Ridwan.

“Oleh karenanya kami menugaskan Tim Panel Ahli IA-ITB untuk menyusun rekomendasi independen, untuk menjadi masukan kepada pemerintah berdasarkan penedekatan ‘Teknokratis’,” tambahnya. Dikatakan, IA-ITB ingin pemerintah memiliki Strategi Pengelolaan Teluk Jakarta berdasarkan aspek “Teknokratis”, yakni pengelolaan yang berkelanjutan, aman, resilience, produktif dan berkeadilan antara semua aspek kehidupan dan pemangku kepentingan.

Ridwan mengatakan, rekomendasi Strategi Pengelolaan Teluk Jakarta ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan pengurus IA-ITB dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Tim tersebut, tambah Ridwan, terdiri dari tujuh orang pakar di bidang terkait, seperti tata ruang, lingkungan, transportasi, geologi, oceanografi, citra satelit, kemaritiman dan bidang hukum.

Menurut juru bicara tim panel ahli yang ditunjuk, Bernardus Djonoputro langkah awal yang dikerjakan tim tersebut, antara lain, melakukan pemetaan, menghimpun data permasalahan dan teknis, serta melibatkan para stake holder yang terkait melalui rangkaian FGD dan workshop.

“Penekanan dari rekomendasi IA-ITB nantinya diharapkan dapat mengurangi dan mengantisipasi dampak sistemik terhadap kepastian hukum, kepastian usaha, kepastian hak hidup warga dan perlindungan lingkungan hidup," ujar Bernardus.

Bernardus mengingatkan pentingnya rekomendasi IA-ITB mengenai Strategi Penanganan Teluk Jakarta. Karena saat ini ada 30 proyek serupa di pesisir banyak daerah, siap untuk mengikuti preseden penanganan Teluk Jakarta.

"Kami dari IA-ITB juga berharap pembangunan Pantai Utara Jakarta dapat dilakukan secara berkelanjutan tanpa merusak kualitas lingkungan, sosial (masyarakat pesisir) dan sesuai undang-undang yang berlaku," kata Bernardus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

itb arsitektur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top