Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tangerang Mulai Tata Aset untuk Proyek Runaway 3 Bandara Soetta

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendukung rencana pembangunan runway 3 Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 29 Juli 2016  |  00:22 WIB
Bandara Soetta - airport.co.id
Bandara Soetta - airport.co.id

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendukung rencana pembangunan landasan pacu (runway) 3 Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

"Kami mengharapkan agar program nasional tersebut bisa dilaksanakan sebaik mungkin. Untuk itu sebagaimana telah disampaikan oleh BPN Tangerang, kami telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengadaan lahannya," kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, mengutip keterangan resminya, Kamis (28/7/2016).

Kendati demikian, dirinya menyebutkan pihaknya akan meminta kejelasan dan rekomendasi hukum baik itu dari pihak Kejaksaan mupun Pihak Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kemen ATR/BPN) terkait aset-aset Pemkot Tangerang yang luasnya sekitar 76.760 meter2 yang terkena dampak langsung dari pembangunan runaway 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Dirinya mengharapkan aset tanah yang berada di wilayah Kecamatan Benda dan Kecamatan Neglasari tersebut bisa diganti rugi oleh pihak Angkasa Pura II, sebagaimana diatur dalam pasal 46 Undang-undang No. 2/2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Publik.

"Karena memang tanah tersebut diperuntukkan untuk TPU dan Ketahanan Pangan. Kalau memang direlokasi, lokasinya harus segera ditetapkan sehingga kami bisa melakukan koordinasi dengan DPRD," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri menjelaskan bahwa Kajati juga akan melakukan evaluasi secara periodik terhadap progres Pembangunan Runaway 3 terutama terkait pengadaan lahannya.

"Nanti akan dilakukan evaluasi secara periodik karena program ini termasuk program yang diawasi langsung oleh presiden,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, PT Angkasa Pura II berencana untuk memperpanjang Runway 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Pembangunan tersebut hal dimaksudkan untuk menampung penumpang yang ditargetkan mencapai 80 juta orang per tahunnya.

Tak hanya itu, pembangunan itu juga bertujuan mendukung pelaksanaan Asean Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Perluasan runaway tersebut memerlukan lahan 216,04 hektar yang membentang di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno-hatta
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top