Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangerang Mulai Tata Aset untuk Proyek Runaway 3 Bandara Soetta

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendukung rencana pembangunan runway 3 Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.
Bandara Soetta/airport.co.id
Bandara Soetta/airport.co.id

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendukung rencana pembangunan landasan pacu (runway) 3 Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

"Kami mengharapkan agar program nasional tersebut bisa dilaksanakan sebaik mungkin. Untuk itu sebagaimana telah disampaikan oleh BPN Tangerang, kami telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengadaan lahannya," kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, mengutip keterangan resminya, Kamis (28/7/2016).

Kendati demikian, dirinya menyebutkan pihaknya akan meminta kejelasan dan rekomendasi hukum baik itu dari pihak Kejaksaan mupun Pihak Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kemen ATR/BPN) terkait aset-aset Pemkot Tangerang yang luasnya sekitar 76.760 meter2 yang terkena dampak langsung dari pembangunan runaway 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Dirinya mengharapkan aset tanah yang berada di wilayah Kecamatan Benda dan Kecamatan Neglasari tersebut bisa diganti rugi oleh pihak Angkasa Pura II, sebagaimana diatur dalam pasal 46 Undang-undang No. 2/2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Publik.

"Karena memang tanah tersebut diperuntukkan untuk TPU dan Ketahanan Pangan. Kalau memang direlokasi, lokasinya harus segera ditetapkan sehingga kami bisa melakukan koordinasi dengan DPRD," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri menjelaskan bahwa Kajati juga akan melakukan evaluasi secara periodik terhadap progres Pembangunan Runaway 3 terutama terkait pengadaan lahannya.

"Nanti akan dilakukan evaluasi secara periodik karena program ini termasuk program yang diawasi langsung oleh presiden,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, PT Angkasa Pura II berencana untuk memperpanjang Runway 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Pembangunan tersebut hal dimaksudkan untuk menampung penumpang yang ditargetkan mencapai 80 juta orang per tahunnya.

Tak hanya itu, pembangunan itu juga bertujuan mendukung pelaksanaan Asean Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Perluasan runaway tersebut memerlukan lahan 216,04 hektar yang membentang di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper