Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Kebun Tebu, Sugar Labinta Join Lahan dengan Inhutani V

Untuk memenuhi kewajiban memiliki kebun seperti yang diamanahkan UU nomor 39/2014 tentang Perkebunan, PT Sugar Labinta akan bekerjasama dengan Inhutani V untuk memanfaatkan lahan BUMN tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan produsen gula rafinasi PT Sugar Labinta akan bekerja sama dengan Inhutani V untuk menggunakan lahan BUMN tersebut guna membangun kebun tebu.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari pemenuhan kewajiban bagi pabrik gula untuk memiliki kebun seperti yang diamanatkan UU Nomor 39/2014 tentang Perkebunan. Nantinya, tebu dari kebun sendiri tersebut menggantikan bahan baku gula mentah yang selama ini diimpor seluruhnya.

Manajer Hubungan Pemerintah, PT Sugar Labinta, Sugiarto mengatakan pihaknya tengah menjajaki skema kerjasama dengan Inhutani V yang berlokasi di Lampung. Sugar Labinta merupakan perusahaan produsen gula rafinasi yang telah berdiri sejak 2007.

“Kebutuhan lahannya cukup banyak karena memang selama ini sulit [mencari lahan], khususnya kalau menyangkut masalah tebu karena tidak semua asal ada lahan lalu langsung bisa digunakan,” jelas Sugiarto saat dihubungi Bisnis, Rabu (27/7/2016).

Sugar Labinta merupakan pabrik gula rafinasi yang telah berdiri hampir 10 tahun dan giat mencari lahan sejak UU 39/2014 disahkan. UU tersebut mengharuskan pabrik gula memiliki kebun sendiri. Sebelumnya, pabrik gula rafinasi tidak diharuskan memiliki kebun tebunya sendiri.

Sugiarto menyebut perusahaannya membutuhkan lahan sedikitnya 60.000 hektare untuk menanam tebu, dengan asumsi pemenuhan kapasitas produksi pabrik yang mencapai 540.000 ton gula rafinasi per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper