Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP Logistik das JAS Tetap Kelola Handling Di Bandara Juanda

Polemik dugaan praktik monopoli di Bandar Udara Juanda, Surabaya, Jawa Timur oleh Angkasa Pura I melalui anak usahanya PT Angkasa Pura Logistik untuk mengelola handling cargo telah menemukan solusinya.
Bandara Juanda/Antara
Bandara Juanda/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Polemik dugaan praktik monopoli di Bandar Udara Juanda, Surabaya, Jawa Timur oleh Angkasa Pura I melalui anak usahanya PT Angkasa Pura Logistik untuk mengelola handling cargo telah menemukan solusinya.

Station Manager Eva Air Yafet Budiyanto, anggota Airlines Operator Committee Bandara Juanda, Surabaya ini menyatakan para maskapai penerbangan menolak monopoli jasa handling jika hanya dilakukan oleh PT Angkasa Pura Logistik. Oleh sebab itu pihaknya menolak pemutusan kontrak Angkasa Pura I dengan perusahaan handling swasta, PT Jasa Angkasa Semesta (JAS).

“Polemik pemutusan kontrak PT JAS oleh AP I itu sudah selesai, jadi nanti di Bandara Juanda handlingnya tetap dikelola oleh PT JAS dan AP Logistik supaya tidak ada monopoli. Nanti terserah maskapai saja yang memilih mau menggunakan yang mana,” terang Yafet di Sheraton Hotel, Bandar Udara Soekarno Hatta, Senin (25/7).

Yafet menegaskan bahwa setiap maskapai sangat mengutamakan safety and security dalam penerbangan. Oleh sebab itu, pihak AOC di Bandar Udara Juanda menolak pemutusan kontrak AP I dengan pengelola handling PT Jasa Angkasa Semesta (JAS).

Dia mengakui pengambilan keputusan itu tak lepas dari suara para maskapai khususnya maskapai asing yang menolak pemutusan kerjasama dengan PT JAS. Pasalnya, PT JAS sudah dipercaya sebagai handling kargo maskapai asing, sementara AP Logistik sejak 1995 hanya mengelola handing domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper