Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembangunan Tol Trans Jawa Akan Dipercepat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mempercepat pembangunan tol Trans Jawa untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik yang semakin tinggi akan akses jalan bebas hambatan, terutama pada masa mudik dan balik Lebaran.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 18 Juli 2016  |  18:05 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mempercepat pembangunan tol Trans Jawa untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik yang semakin tinggi akan akses jalan bebas hambatan, terutama pada masa mudik dan balik Lebaran. - Bisnis
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mempercepat pembangunan tol Trans Jawa untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik yang semakin tinggi akan akses jalan bebas hambatan, terutama pada masa mudik dan balik Lebaran. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mempercepat pembangunan tol Trans Jawa untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik yang semakin tinggi akan akses jalan bebas hambatan, terutama pada masa mudik dan balik Lebaran.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers di Posko Angkutan Lebaran 2016 Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin menargetkan akhir tahun ini sudah bisa beroperasi.

"Kita akan menyelesaikan percepatan Tol Trans Jawa. Insya Allah, sebelum tahun depan akan kita fungsikan," katanya.

Namun, dia mengatakan target penyelesaian secara keseluruhan pada 2018.

Basuki menambahkan setidaknya ruas tol tersebut sudah bisa dioperasikan sampai Pemalang.

"Kalau yang ke Pemalang, mudah-mudahan (sudah) bisa berfungsi, Pemalang-Batang-Semarang kita fungsikan sehingga kita usahakan semaksimal mungkin layani dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan nantinya Tol Trans Jawa akan menyambungkan dari Brebes hingga Semarang, dengan rincian Brebes-Pemalang sekitar 37 kilometer, Pemalang-Batang 35 kilometer dan Batang-Semarang 75 kilometer.

"Minggu depan kita cek bersama dengan Waskita dan Jasa Marga untuk menyelesaikan Brebes-Pemalang-Batang-Semarang, kita lihat 'gate-gate'-nya," katanya.

Dia menjelaskan percepatan dilakukan karena kebutuhan masyarakat terus melonjak, terutama saat musim arus mudik dan balik Lebaran.

"Kita ini berkejaran dengan kebutuhan masyarakat karena terus melonjak, khususnya di Semarang karena sampai Semarang sudah (pecah) kepadatannya, tapi kita upayakan sampai Pemalang," katanya.

Dia menyebutkan tol Trans Jawa akan berpotensi mengurangi kepadatan lalu lintas hingga 40 persen.

Selain itu, Basuki juga akan membangun jembatan layang (flyover) untuk perlintasan sebidang kereta api di sepanjang Brebes, Pekalongan, Klonengan, Sumpiuh dan Paguyangan.

Dia mengatakan pembangunan tersebut akan selesai dalam waktu enam bulan.

"Tahun ini akan kita kerjakan, dan akan selesai enam bulan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol trans jawa Kementerian PUPR

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top