Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ERUPSI BROMO: Penerbangan Sipil di Malang Ditutup Sampai Kondisi Aman

Penerbangan sipil di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, ditutup lagi akibat erupsi Gunung Bromo dan dibuka kembali Selasa (12/7/016) jika sudah diaggap aman.
Gunung Bromo/Antara
Gunung Bromo/Antara

Bisnis.com, MALANG--Penerbangan sipil di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, ditutup lagi akibat erupsi Gunung Bromo dan dibuka kembali Selasa (12/7/016) jika sudah diaggap aman. Kepala UPT Bandara Abdulrachman Saleh, Suharno mengatakan bandara ditutup sejak Senin (11/6/2016)i pukul 11.00 hingga Selasa (12/7/2016) pukul 09.00 karena adanya debu tebal akibat erupsi Gunung Bromo

. “Jadi kami terpaksa menutup bandara,” ujarnya di Malang, Senin (11/7/2016). Akibat penutupan bandara hari ini, tujuh penerbangan terpaksa harus dibatalkan. Ketujuh penerbangan itu, yakni Garuda GA 291 pemberangkatan pukul 11.00, Sriwijaya SJ 247 penerbangan pukul 12.50, Garuda GA 293 pukul 13.10, Wing Air IW 1841 penerbangan pukul 14.25, Citilink QG 145 pukul 14.30, Batik Air ID 7582 pukul 14.30 dan Sriwijaya SJ 249 pukul 14.30. District Manager Sriwijaya Air M. Yusrie Hansyah mengatakan ada tiga penerbangan dari maskapai tersebut dengan rute Malang-Jakarta yang terpaksa dibatalkan dan dialihkan ke Juanda.

“Satu kali berhasil berangkat karena bandara belum ditutup, yakni pemberangkatan pagi,” ujarnya. Dia berharap besok penerbangan lancar sehingga tidak ada penumpang yang dialihkan berangkat dari Surabaya.

“Tapi pada intinya kami patuh pada otoritas bandara demi keselamatan penerbangan,” ucapnya. Kepala Subbagian Data Evaluasi dan Pelaporan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Malang Antong Hartadi mengatakan Gunung Bromo meletuskan material vulkanik asap dan abu kemudian tertiup angin ke arah barat. Abu vulkanik itu dapatr mengganggu penerbangan sipil di Bandara Abdulrachman Saleh Malang.

Erupsi Gunung Bromo tersebut merupakan aktivitas normal mengingat sampai sekarang masih berstatus waspada. Menurut informasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi menyebutkan tinggi letusan asap sekitar 300 meter hingga 1.200 meter dari kawah.

Asap berwarna coklat dan kelabu dengan tekanan lemah hingga sedang. Kendati gempa tremor lebih dominan 2 milimeter dari rata-rata 1 mm sampai dengan 5 mm, tapi status aktivitas vulkanik gunung tetap waspada, namun karena arah angin ke barat dan barat daya maka berdampak mengganggu aktivitas penerbangan sipil di Malang

Sekretaris Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Malang Untung Sudarto mengatakan abu vulkanis yang mengguyur kawasan Malang dan sekitarnya membahayakan penerbangan sipil. Oleh karena itu Kementerian Perhubungan menutup aktivitas penerbangan mulai Senin (11/7/2016) pukul 11.00 WIB hingga Selasa (12/7) pukul 09.00 WIB. Penutupan akan dievaluasi Selasa (12/7/2016) pagi. Bila erupsi sudah mereda, maka bandara akan dibuka. Tapi bila erupsi masih berbahaya, maka penutupan bisa diperpanjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper