Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perusahaan Asli Indonesia Pemasok Kain untuk Merek Dunia

Sipatatex Group konsisten menyerap kain dalam negeri di tengah keadaan ekonomi global yang lesu. Bahkan perusahaan tercatat telah menembus pasar dunia dengan memasok untuk merek fesyen internasional dan produk mainan.
10 model terbaru dari Victoria's Secret yang dikenal dengan sebutan Angels/Reuters
10 model terbaru dari Victoria's Secret yang dikenal dengan sebutan Angels/Reuters

Bisnis.com, BANDUNG -- Sipatatex Group konsisten menyerap kain dalam negeri di tengah keadaan ekonomi global yang lesu. Bahkan perusahaan tercatat telah menembus pasar dunia dengan memasok untuk merek fesyen internasional dan produk mainan.

Direktur Utama Sinar Para Taruna Slamet Wijono memaparkan perusahaannya telah menembus pasar dunia dengan mengekspor ke 28 negara seperti ke Asia, Eropa dan Timur Tengah termasuk Dubai.

"Kapasitas produksi kami 30 juta yard per tahun dengan lebih dari 140 unit mesin. Nilai omzet mencapai Rp250 miliar per tahun dan jumlah karyawan 1500 orang," ungkapnya seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (25/6).

Sipatatex telah menjadi suplier bagi merek dunia seperti Wacoal, H&M, Walmart, Aeon, Uniqlo, Vanity Fair, dan Victoria's Secret. Mereka juga memasok kain boneka Barbie yang diproduksi PT Mattel Indonesia di Cikarang. Selain itu, memproduksi kain untuk otomotif seperti Toyota dan Honda.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengapresiasi dua perusahaan tersebut karena konsisten memproduksi barang sejenis untuk kepentingan pasar dalam negeri dan ekspor yang selama ini pasarnya telah terbentuk.

Hingga saat ini, Sipatatex tercatat berkontribusi dalam menyerap produk dalam negeri karena menggunakan bahan baku produksi PT Indorama Synthetics Tbk dan PT Indonesia Toray Synthetics.

Dia mengatakan pemerintah mendorong diversifikasi produk yang telah dilakukan oleh PT Sinar Para Taruna dan Sipata Moda, (Sipatatex group), yang beralamatkan di Batujajar, Kabupaten Bandung. Sinar Para Taruna juga memproduksi kain rajut sedangkan Sipata Moda menghasilkan kain brokat.

"Diversifikasi itu menjadi langkah strategis mengingat saat ini perkembangan permintaan pasar terhadap bahan baku untuk kepentingan fesyen yang relatif spesifik semakin tinggi dan sayangnya sebagian besar dipenuhi dari impor," katanya.

Dua tahun belakangan, Kementerian Perindustrian mencatat perkembangan industri TPT cenderung stagnan baik di pasar domestik maupun internasional yang diakibatkan melambatnya perekonomian dunia. 

Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka Kemenperin Harjanto mengatakan pemerintah mengeluarkan berbagai paket kebijakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi dengan melakukan deregulasi, memangkas berbagai peraturan, perizinan, dan birokrasi yang masih dirasa menghambat di berbagai kementerian dan lembaga.

Kemudian, menyusun sistem pengupahan untuk menjamin kepastian bagi tenaga kerja dan pelaku usaha, penurunan harga gas, diskon dan penundaan pembayaran rekening listrik bagi industri, dan beberapa kebijakan lainnya.

"Pengembangan pusat logistik berikat juga didorong untuk memfasilitasi dan memudahkan pelaku industri," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper