Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran 2016: Pergerakan Pesawat Diprediksi Naik 5%

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia memprediksi pergerakan pesawat sepanjang mudik Lebaran tahun ini mencapai 70.306 penerbangan, naik 5% dari pergerakan tahun lalu sebanyak 66.958 penerbangan.
Suasana Bandara
Suasana Bandara

Bisnis.com, JAKARTA--Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia memprediksi pergerakan pesawat sepanjang mudik Lebaran tahun ini mencapai 70.306 penerbangan, naik 5% dari pergerakan tahun lalu sebanyak 66.958 penerbangan.

Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) Bambang Tjahjono mengatakan prediksi pergerakan pesawat tersebut bakal tersebar di 35 bandara, dan terjadi dari H-7 sampai H+7.

"Kami sudah menyiapkan diri, baik dari segi peralatan, prosedur hingga sumber daya manusia guna mendukung suksesnya pelaksanaan angkutan Lebaran 2016," katanya di Jakarta, Selasa (21/06).

Bambang mengungkapkan setidaknya ada 10 rute utama domestik yang akan mengalami lonjakan pada Lebaran tahun ini a.l. Jakarta-Surabaya, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Makassar, Medan-Jakarta, Balikpapan-Jakarta, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Palembang, Jakarta-Padang, Jakarta-Pontianak dan Semarang-Jakarta.

Sejalan dengan itu, LPPNPI atau biasa disebut AirNav Indonesia juga akan mengimplementasikan Arrival Manajemen (AMAN) Procedural. Dengan AMAN, waktu penerbangan pesawat akan diatur sedemikian rupa dari keberangkatan hingga tiba.

"Diharapkan dengan AMAN itu, tidak ada lagi pesawat yang holding kecuali karena alasan cuaca atau emergency," ujar Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper