Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Properti Mewah di Negara Berkembang

Meningkatnya perekonomian di negara berkembang akhirnya mendorong para investor untuk membeli properti mewah di sana.
Rumah di Acapulco, Mexico/realtor.com
Rumah di Acapulco, Mexico/realtor.com

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatnya perekonomian di negara berkembang akhirnya mendorong para investor untuk membeli properti mewah di sana. Investor yang cerdas tentu tidak asal sembarang membeli properti, mereka harus bisa lebih bijaksana melihat perkembangan properti mewah di negara berkembang, karena sebelum membeli properti mereka harus terlebih dahulu meneliti lokasi dan prospek bisnisnya dikemudian hari.

Portal properti Lamudi merilis daftar properti mewah di beberapa negara berkembang yang bisa menjadi pertimbangan.

Pakistan

Dalam beberapa tahun belakangan, permintaan properti mewah di Pakistan terus meningkat, rata-rata permintaan terbesar properti mewah berada di kota besar di Pakistan. Contohnya seperti Bahria Enclave Apartments yang berada di Islamabad.

Apartemen Bahria Enclave dibangun dengan desain yang begitu indah, dengan menawarkan kenyamanan dan ketenangan, apartemen ini menjadi salah satu apartemen mewah yang paling diincar oleh para investor. Meningkatnya jumlah investor asing yang masuk ke negara tersebut karena keberhasilan pemerintah memperkenalkan real estate investment trust (REITs). Selain itu juga, perjanjian ekonomi antara Pakistan dan Cina yang baru-baru ini disepakati disanyalir akan berdampak positif terhadap perekonomian Pakistan sehingga permintaan properti mewah di sana akan terus tumbuh subur.

Srilanka

Berdasarkan penelitian, jumlah unit apartemen mewah di Srilangka akan mencapai 6.000 unit dalam waktu tiga tahun ke depan, angka ini naik dari 2.657 unit pada 2015. Belakangan, menara-menara apartemen pun sudah mulai menghiasi di Colombo. Menariknya, kendati permintaan properti lebih banyak di Colombo, pemerintah juga melakukan pengembangan infrastruktur baru di daerah berkembang lainnya seperti Kandy, Galle dan Nuwara, hal ini sengaja dilakukan guna meningkatkan popularitas di daerah tersebut.

Indonesia

Pada tahun 2012 dan 2013, Jakarta menduduki puncak daftar sebagai kota dengan perkembangan properti mewah tercepat di dunia, berdasarkan data dari Knight Frank’s Prime Global, harga properti untuk kelas mewah saat itu meningkat 38,1% dan 37,7%. Banyak permintaan rumah mewah saat itu karena didorong meningkatnya jumlah perpindahan penduduk ke Jakarta. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir nama Jakarta kurang diminati oleh para pencari properti mewah, hal ini disebabkan karena meroketnya harga tanah di sana. Namun, Bali masih populer untuk permintaan property mewah, permasalahan penyediaan property mewah di lokasi ini adalah minim ketersediaan lahan.

 Bangladesh

Beberapa tahun terakhir perkembangan industri real estate di Bangladesh memang mengalami masa sulit, suku bunga kredit yang tinggi, kerusuhan politik ditambah dengan masalah urbanisasi membuat pemerintah di sana hanya fokus membangun infrastruktur di kota-kota besar. Kendati demikian, ternyata di Bangladesh juga masih ada peminat untuk pasar akomodasi mewah terutama di wilayah Gulshan dan Baridhara.

Harga properti mewah di Dhanmondi (salah satu daerah yang paling makmur di Dhaka), jika Anda membeli properti mewah di sana 10 atau 15 tahun yang lalu peningkatan harga properti telah meningkat 5 atau 6 kali lipat.

Myanmar

Pemerintah Myanmar telah melaksanakan reformasi penting dalam beberapa tahun terakhir untuk membuat negara tersebut menarik bagi investor, terutama mereka yang tertarik  untuk membeli properti mewah. Saat ini pemerintah di sana telah mengeluarkan regulasi baru yang memungkinkan investor asing untuk berinvestasi kondominium mewah di sana. Kota Yangon merupakan wilayah yang paling banyak diincar oleh investor properti di Myanmar.

Filipina

Di masa lalu, pasar properti mewah di Filipina telah berkembang sangat cepat. Sayangnya, kondisi ini sekarang telah berubah, karena sekarang pemerintah Filipina tengah fokus untuk membangun hunian untuk kalangan menengah. Namun, tetap saja permintaan akan hunian mewah di Metro Manila masih banyak yang mencari, karena tempat inilah yang menjadi pusat pasar akan properti mewah di negara tersebut. Tidak hanya itu, untuk investasi jangka panjang,menyewa sebuah kondominium di Metro Manila juga bisa dijadikan instrumen investasi yang sangat menggiurkan, karena populasi ekspatriat di sana sangat besar.

 Mexico

Didukung oleh kondisi alam yang menakjubkan, permintaan properti mewah khususnya dekat pantai saat ini begitu diminati di Mexico. Di sana ada beberapa kota yang menawarkan properti mewah dengan pemandangan pinggir pantai yang menakjubkan seperti Cancun, Acapulco dan Mazatlan.

Saat ini properti yang paling mahal di jual di Mexico berada di wilayah San Pedro Garza Garcia di Monterrey, Zapopan di Guadalajara, dan Acapulco. Menurut data dari Global Property Guide, tahun 2015 lalu harga rumah di Meksiko tersebut naik 6.38%.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper