Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikea Indonesia Jual Produk Kerajinan Asli Gunung Kidul

IKEA Indonesia menghadirkan koleksi terbatas kerajinan tangan buatan perajin lokal di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Produk kerajinan tersebut diberi nama UTSMYCKAD.
IKEA Alam Sutera
IKEA Alam Sutera

Bisnis.com, JAKARTA - IKEA Indonesia menghadirkan koleksi terbatas kerajinan tangan buatan perajin lokal di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Produk kerajinan tersebut diberi nama UTSMYCKAD.

Marketing Manager IKEA Indonesia Eliza Fazia mengatakan, produk asli buatan pengrajin kota Gudeg itu menggunakan material yang tersedia di sekitar tempat tinggal para pengrajin sehingga memungkinkan mereka untuk berkarya dengan memanfaat sumber daya yang tersedia.

"Rangkaian produk UTSMYCKAD sudah dapat diperoleh di toko IKEA Alam Sutera mulai bulan Mei 2016," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (4/6/2016).
 
Dia menuturkan, rangkaian produk UTSMYCKAD mencakup kerajinan tangan dalam bentuk kotak berlaci, kotak untuk menyimpan dan bingkai foto yang terbuat dari daun Bauhinia yang sangat kuat, yang juga dikenal sebagai daun kancu, sumber alam yang banyak ditemukan di Indonesia. 

Daun ini berbentuk seperti kupu-kupu, yang harus direbus, dikeringkan dan kemudian digunakan sebagai lapisan luar pada produk-produk kerajinan tangan sebagaimana diterapkan pada koleksi UTSMYCKAD.
 
"UTSMYCKAD merupakan bentuk kewirausahaan sosial bagi pengrajin lokal untuk kemitraan jangka panjang, yang merupakan salah satu cara menangani tantangan sosial dan lingkungan masyarakat dimana IKEA beroperasi," lanjutnya.

Eliza Fazia mengatakan, tidak ada jalan yang lebih baik untuk keluar dari tantangan ekonomi selain dari memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

"Bagi IKEA merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk dapat bekerja dengan para pengusaha lokal yang akhirnya membantu membuat lingkungannya mendapatkan kehidupan yang lebih baik," katanya.
 
IKEA memilih untuk berkolaborasi dengan perajin skala kecil yang memang bukan merupakan jenis pemasok regular karena keterbatasan sumber daya dan jumlah produksinya yang kecil.

Melalui kemitraan seperti ini, IKEA menciptakan hal-hal yang sedikit berbeda bagi para pelanggannya, yaitu produk edisi terbatas kerajinan tangan yang diciptakan dengan misi sosial namun terjangkau bagi banyak orang. 
 
"IKEA telah membantu para perajin di wilayah Gunung Kidul untuk mempromosikan karya terbatasnya di toko IKEA ,sehingga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan jiwa kewirausahaan mereka," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper