Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perpanjangan Dermaga Pelindo IV Diprediksi Rampung Medio 2017

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menargetkan penyelesaian perpanjangan dermaga pelabuhan petikemas dan reklamasi lahan dengan total nilai investasi Rp365 miliar pada medio 2017.
Pelabuhan Bitung/inaport4.co.id
Pelabuhan Bitung/inaport4.co.id

Bisnis.com, MANADO - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menargetkan penyelesaian perpanjangan dermaga pelabuhan peti kemas dan reklamasi lahan dengan total nilai investasi Rp365 miliar pada medio 2017.

Direktur Fasilitas dan Peralatan PT Pelindo IV Susantono mengatakan pengerjaan proyek akan berjalan setelah Lebaran tahun ini, dengan dana investasi dari penyertaan modal negara yang diterima perseroan.

“Perpanjangan dermaga sepanjang 130 meter dan reklamasi lahan [seaway] seluas 5 hektare sekarang dalam proses pelelangan, ditargetkan akan rampung pada medio 2017,” tuturnya kepada Bisnis, Rabu (1/6/2016).

Ekspansi Pelindo IV di Bitung kali ini merupakan realisasi investasi jangka pendek selain rencana pengembangan perseroan untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus Bitung.

Menurutnya, untuk terlibat dalam KEK, pihaknya menanti kepastian lahan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan estimasi pertumbuhan Pelabuhan Bitung 7% - 10% per tahun, ekspansi bisnis pantas untuk diadakan. Susantono mengatakan untuk pengembangan bisnis, koordinasi dengan pemerintah daerah berjalan baik.

“Karena lahan milik pemprov, makanya kami tunggu kepastian lahannya. Kedepannya akan difungsinkan menjadi lapangan peti kemas, serta kalau pelabuhan yang ada tidak mencukupi, akan dibangun di Tanjung Merah Bitung,” tambahnya.

Untuk terlibat dalam KEK Bitung, rencananya Pelindo IV akan menggelontorkan investasi berkisar Rp5 triliun – Rp7 triliun. Susantono menambah anggaran tersebut bisa berubah sesuai dengan studi lapangan yang sedang berjalan. “Studi biasanya 3 – 4 tahun, sekaligus dengan mengurus perizinannya. Nilainya bisa berubah sesuai dengan studi kelayakan,” tuturnya.

Pada kesempatan berbeda, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berjanji akan memfasilitasi PT Pelindo dalam memperlancar segala kebutuhan perusahaan pelat merah dalam ekspansi bisnisnya di Bitung. “Pembangunan pelabuhan bitung ini dalam rangka menunjang KEK Bitung, tentunya kami menilai sangat baik, " ujarnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan fasilitasi, nantinya Pelindo IV akan berkoordiansi dengan BUMD terkait KEK Bitung. Dia menambahkan kepastian hukum dan persoalan lahan akan diselesaikan secepatnya untuk mendukung Pelindo IV.

Nantinya, jika pelabuhan Tanjung Merah Bitung terbangun, bakal memiliki panjang dermaga 1.000 m dengan daya tampung lapangan penumpukan peti kemas sebanyak 1,5 juta TEUs per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper