Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Penyelundupan, Operasi Gerhana Dinilai Sukses

Pelaksanaan Operasi Gerhana yang dilakukan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mencegah aksi penyelundupan di wilayah pesisir tmur Sumatra dinilai berlangsung baik dan perlu meningkatkan sinergisitas dengan berbagai pemangku kepentingan.
Bea Cukai/Ilustrasi
Bea Cukai/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksanaan Operasi Gerhana yang dilakukan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mencegah aksi penyelundupan di wilayah pesisir tmur Sumatra dinilai berlangsung baik dan perlu meningkatkan sinergisitas dengan berbagai pemangku kepentingan.

Operasi tersebut dimulai pada awal April dan berakhir bulan ini. Operasi Gerhana dibagi dalam dua periode dengan areal operasi meliputi perairan Selat Malaka dan sekitarnya, pada Wilayah Kerja Kanwil DJBC Aceh, Kanwil DJBC Riau dan Sumatera Barat, Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau dan KPU BC Tipe B Batam.

Dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Rabu (25/5/2016), Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi  mengungkapkan pelaksanaan operasi tersebut secara umum berjalan dengan baik dan satuan tugas DJBC berhasil melakukan pemeriksaan kapal sebanyak 272 kali.

“Atas dasar pemeriksaan tersebut telah dihasilkan 27 penegahan, baik barang ekspor maupun impor,” ujarnya.

Adapun tindak lanjut atas penegahan kasus-kasus tersebut antara lain masih dalam proses penyidikan oleh Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau dan KPPBC di wilayah Kanwil DJBC Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Barat, dan KPU BC Batam.

Selain itu ada juga yang dilaksanakan pelimpahan ke Balai Karantina maupun yang terkena sanksi administrasi.

Dia mengatakan hasil Patroli Operasi Gerhana di atas membuktikan keseriusan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam menjaga masuk dan keluarnya barang-barang ilegal yang dapat berperan serta mempengaruhi perekonomian rakyat Indonesia.

Terkait masih banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan di wilayah laut pesisir timur Sumatera, menurutnya merupakan tugas bersama DJBC beserta instansi penegak hukum lain di wilayah laut untuk terus bersinergi dan saling mendukung atas tugas dan fungsinya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper