Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Kendal, Garam Tak Beryodium Masih Beredar Luas

Peredaran garam dapur yang tidak mengandung yodium di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dinilai masih cukup tinggi.
Petani Garam. /Bisnis.com
Petani Garam. /Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG--Peredaran garam dapur yang tidak mengandung yodium di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dinilai masih cukup tinggi.

Tim Gangguan Akibat Kekurangan Yodium menemukan bahwa terdapat 22,45% garam yang tidak mengandum yodium. Hal itu merupakan hasil monitoring dari sembilan pasar besar di seluruh wilayah Kendal pada awal bulan ini.

Kasi Gizi Dinas Kesehatan Kendal Endang Jumini, yang juga menjabat sebagai Koordinator Tim Gangguan Akibat Kekurangan Yodium, mengimbau kepada pedagangan untuk menjual dan memilih garam berdapur yang beryodium.

"Kami juga meminta kepada produsen garam untuk bisa memberikan larutan yodium pada garam sesuai ketentuan yang dipersyaratkan," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kabupaten Kendal, Jumat (13/5/2016).

Secara lebih detail, dari temuan tersebut diketahui bahwa garam yang kandungan yodiumnya dalam kategori kurang dari cukup sebanyak 20,41%, dan kategori kandungan yodium cukup 57,14%.

"Hasil temuan tersebut diperoleh dari 98 merek garam yang beredar di pasar. Temuan pada tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu," tambahnya.

Adapun sembilan pasar yang dimonitor meliputi Pasar Boja, Limbangan, Sukorejo, Weleri, Kangkung, Cepiring, Pegandon, Kaliwungi, dan Kendal.

Seperti diketahui, yodium berperan dalam memicu pertumbuhan otak, menjaga kesehatan kelenjar tiroid, membantu proses metabolisme, dan masih banyak manfaat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper