Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BLOK MASELA: Pemerintah Nantikan Respons Investor

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menantikan respons investor terkait keputusan pembangunan kilang darat gas alam cair di Blok Masela.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menantikan respons investor terkait keputusan pembangunan kilang darat gas alam cair di Blok Masela.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo, pihaknya telah menyampaikan respons kepada investor melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Hingga saat ini, operator yakni Inpex belum menyampaikan respons dengan pengajuan kerangka kegiatan yang baru berkenaan dengan pengubahan skema pengembangan proyek.

"Berikutnya tentu kita menunggu respons dari mereka karena secara de facto, de jure sampai dengan 2028 kita tidak mungkin mengganti operator," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Pihaknya mengaku tak mengetahui terkait kapan waktu pasti investor mengajukan revisi kedua rencana pengembangan (plan of development/PoD) I. Namun, dari segi komitmen pihaknya menilai akan tetap berjalan hingga kontrak berakhir yakni 12 tahun lagi.

Sudirman menganggap sambil menanti respons investor, aspek lain yang memaksimalkan manfaat serta menciptakan iklim kondusif dipersiapkan. Kendati demikian, menurutnya, bagaimana sikap investor menentukan kelanjutan proyek termasuk efek berganda yang diberikan kepada masyarakat.

"Jadi sikap mereka [investor] sangat menentukan ke depan akan bagaimana."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper