Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Surabaya Gencar Optimalisasi Sentra Ikan Bulak

Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya mengoptimalisasi kawasan Sentra Ikan Bulak (SIB) melalui berbagai kegiatan untuk meramaikan pasar ikan pesisir Surabaya.
Kota Surabaya
Kota Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya mengoptimalisasi kawasan Sentra Ikan Bulak (SIB) melalui berbagai kegiatan untuk meramaikan pasar ikan pesisir Surabaya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya, Joestamadji mengatakan salah satu kegiatan untuk meramaikan SIB yakni menggelar lomba yang melibatkan warga se-kecamatan di Surabaya pada 4 Mei 2016.

"Ada ratusan ibu-ibu PKK dari 31 se-kecamatan hadir di SIB untuk mengikuti lomba olahan ikan dan olahan produk pertanian serta promosi budaya pangan lokal," katanya dalam siaran pers, Rabu (4/52016).

Dia memaparkan, hingga awal Mei ini, sudah ada 158 pedagang yang menempati stan-stan di SIB. Saat ini juga sekitar 40 stan yang masih kosong. “Tapi ini daftar tunggu nya sekitar 65 pedagang. Untuk ikan asap ada 10 orang dan 55 pedagang untuk stan kerupuk dan olahan ikan laut. Ini yang masih akan kami tata,” jelasnya.

Diketahui, SIB yang diresmikan pada akhir tahun 2012 silam memang dibangun untuk mengangkat derajat warga nelayan di kawasan Bulak dan juga warga Surabaya pada umumnya. Pemkot Surabaya meyakini jika berjualan di SIB yang bangunannya bagus dan bersih akan membuat pedagang di kawasan Bulak lebih dipercaya oleh calon pembeli.

Djoestamadji menambahkan, lomba olahan ikan patin yang digelar tersebut tidak hanya untuk meramaikan SIB tetapi juga untuk meningkatkan konsumsi ikan di Surabaya agar bisa memenuhi target nasional.

"Tingkat konsumsi ikan di Surabaya rata-rata masih sekitar 30 kg/kapita/tahun. Jumlah itu memang meningkat dari tahun lalu yang hanya 22 kg/kapita/tahun, tapi belum setara tingkat nasional yang mencapai 40 kg/kapita/tahun," imbuhnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper