Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pulau Terluar Kini Punya Pelabuhan Senilai Rp138,7 Miliar

Pelabuhan Tahuna, Sangihe, akhirnya selesai dibangun dengan menyedot dana APBN Kementerian Perhubungan sebesar Rp138,7 miliar.
Peta lokasi Kabupaten Kepulauan Sangihe. /
Peta lokasi Kabupaten Kepulauan Sangihe. /

Bisnis.com, JAKARTA –Pelabuhan Tahuna, Sangihe, akhirnya selesai dibangun dengan menyedot dana APBN Kementerian Perhubungan sebesar Rp138,7 miliar.

Hemi Pamuraharjo, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, mengatakan Pelabuhan Tahuna telah dilengkapi dengan fasilitasdermaga pelayaran rakyat berukuran 90x6 m2.

Selain itu, fasilitas lainnya a.l. dermaga multipurpose berukuran 200x8 m2, dermaga baru berukuran 100x20 m2, trestle 1,2,3 yang berukuran 28,3x6 m2 ditambah perlebaran, trestle 4 yang berukuran 28,5x6 m2 ditambah perlebaran. Dermaga Pelabuhan Tahuna memiliki kapasitas sandar kapal berukuran 5.000 DWT – Dead Weight Tonnage.

Pada sisi darat Pelabuhan Tahuna juga dilengkapi sejumlah fasilitas seperti lapangan penumpukan berukuran 5.200 m², gudang, terminal penumpang, gedung perkantoran, dan sejumlah fasilitas lainnya," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (27/4/2016).

Selain mendukung sarana dan prasarana transportasi laut bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe, lanjutnya, Pelabuhan Tahuna saat ini aktif mendukung kegiatan lalu lintas komoditas tumbuhan ekspor (kopra) tujuan Filipina yang rutin setiap bulannya melalui laut.

Dia menambahkan Pelabuhan Tahuna sebagai pelabuhan pengumpul juga disinggahi oleh kapal pelayaran perintis dengan rute jalur R-33 yang mencakup Pelabuhan Tahuna – Mangaran – Lirung – Melonguane – Essang – Kakorotan – Karatung – Miangas – Marore – Kawio – Kawaluso – Tahuna – Kahakitang – Siau – Bitung – Siau – Makalehi – Kahakitang – Tahuna – Kawaluso – Kawio – Marore – Miangas – Karatung – Geme – Melanguane – Lirung – Mangaran – Tahuna.

Setiap harinya, pelabuhan ini juga melayani pelayaran ke sejumlah daerah seperti: Tahuna – Manado, Tahuna – Siau , Bitung – Tahuna –Talaud (Kapal Pelni), Makassar – Tahuna (Kapal Kargo), Surabaya – Tahuna (Kapal Kargo), Tahuna – Philipina (Kapal Kargo). Nantinya Pelabuhan Tahuna juga akan mendukung Program Tol Laut dimana Pelabuhan Tahuna masuk dalam trayek T5 tol laut.

"Dengan pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Tahuna, akan dapat meningkatkan konektivitas masyarakat khususnya masyarakat di pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain seperti masyarakat di Pulau Sangihe," jelasnya.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan pelabuhan laut di kawasan terluar Indonesia ini bersama Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pekan depan.

Selain Pelabuhan Tahuna, bersama itu juga akan diresmikan 11 pelabuhan laut lainnya, antara lain Pelabuhan Laut Petta, Pelabuhan Laut Matutuang, Pelabuhan Laut Kawaluso, Pelabuhan Laut Lipang, Pelabuhan Laut Bukide, Pelabuhan Laut Kahakitang, Pelabuhan Laut Kalama, Pelabuhan Laut Buhias, Pelabuhan Laut Sawang, Pelabuhan Laut Amurang, dan Pelabuhan Laut Kawio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper