Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hipmi Gandeng Sampoerna Wirausaha Salurkan Modal Ke UKM

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia menggandeng capitalized company ternama di Tanah Air, PT. Sampoerna Wirausaha (MEKAR) untuk memberikan bantuan modal kepada UKM.
Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia/Dokumentasi
Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia/Dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA—Himpunan Pengusaha Muda Indonesia menggandeng capitalized company ternama di Tanah Air, PT. Sampoerna Wirausaha (MEKAR) untuk memberikan bantuan modal kepada UKM.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia menyatakan pihaknya terus berupaya membuka jalan bagi anggotanya yang membutuhkan permodalan usaha, utamanya pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan menggandeng mitra strategis.

"Kendala utama pengembangan usaha di Hipmi ini bukan di prospek bisnisnya, tapi di permodalan, utamanya UKM. Oleh sebab itu, kami selaku pengurus berterima kasih kepada MEKAR yang membantu pengusaha kami untuk mengatasi masalah permodalan," kata Bahlil dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (19/4/2016).

Penandatanganan kerjasama kedua pihak dilakukan masing-masing oleh Ketua Umum BPP Hipmi, Ketua Umum BPD Hipmi DKI Jakarta Rama Datau, Chief Executive Officers MEKAR Thierry Sanders, dan Direktur MEKAR Arya Indrajana.

Dalam kerjasama tersebut, MEKAR akan menawarkan produk pinjamannya kepada anggota Hipmi yang berbisnis. Selanjutnya, Hipmi akan menawarkan pinjaman usaha kepada anggotanya sebagai sebuah tambahan jasa kepada anggotanya.

Sebagai tahap awal, ujar Bahlil,  MEKAR dan HIPMI akan meluncurkan sebuah program percontohan yakni penawaran pinjaman usaha kepada anggota Hipmi yang operasi usahanya berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek).

"Mereka melakukan penyuluhan kepada para anggota Hipmi dengan arahan Hipmi DKI Jakarta. MEKAR akan mengorganisasikan proses pengajuan pinjaman; persetujuan, pencairan, penagihan dan akan melaporkan perihal kemajuan dan kinerja kepada BPP Hipmi dan BPD Hipmi Jakarta," jelasnya.

Senada dengan Bahlil, Rama Datau menjelaskan sebagai tahap awal, fasilitas pinjaman  ini berlaku untuk anggota Hipmi dengan persyaratan memiliki kantor usaha di Jadetabek, memiliki omzet lebih dari 1 tahun, memiliki rata-rata omzet perbulan Rp50 Juta sampai dengan Rp1,5 miliar, memiliki rekening bank, usaha baik informal (tak terdaftar) atau berbentuk PT atau CV.

"Pinjaman MEKAR rentangnya dari Rp50 juta sampai dengan Rp500 juta. Tenor pinjaman adalah 12 bulan selama periode percontohan dengan bunga per bulan sebesar 3% per bulan tanpa agunan dan 2,5% bila memakai agunan,” kata Rama.

Bahlil mengatakan bila pinjaman ini sukses di jalankan di Jabodetabek, skema dan fasilitas pinjaman itu akan diperluas kepada anggota Hipmi di wilayah Indonesia lainnya

"Bahkan anggota Hipmi nantinya bisa menjadi Agen MEKAR. Agen ini dapat membangun bisnis mereka sendiri, dengan mengambil pengajuan pinjaman, dan mengelola pinjaman. Agen ini akan menerima komisi. Hal ini dapat menjadi sangat menarik bagi aggota HIPMI yang muda dan baru lulus kuliah misalnya," ungkap Bahlil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper