Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jepang: Indonesia Pasar Sharp Terbesar Ketiga di Dunia

Indonesia dinilai merupakan pasar Sharp terbesar ketiga di dunia setelah China dan Amerika Serikat di luar Jepang.
Sharp/japantimes.co.jp
Sharp/japantimes.co.jp

Bisnis.com, MALANG - Indonesia dinilai merupakan pasar Sharp terbesar ketiga di dunia setelah China dan Amerika Serikat di luar Jepang.

President Director PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Fumihiro Irie baik SHARP maupun Foxconn pun telah memahami pentingnya Indonesia bagi SHARP karena merupakan pasar terbesar ketiga untuk produk SHARP di luar Jepang setelah China dan Amerika Serikat. “Kontribusinya lebih dari 40% dari total sales Sharp di Asean,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (8/4/2016).

Dengan permintaan yang terus tumbuh dan rendahnya tingkat penetrasi untuk produk-produk home appliances di Indonesia, SEID membangun pabrik barunya di Karawang seluas 31 hektar pada tahun 2013 untuk memperluas produksi.

Saat ini, pabrik kami di Karawang baru mengoperasikan pabrik lemari es, mesin cuci, dan tahun ini pabrik Karawang kami mulai memproduksi televisi. Ke depan, jika pasar Indonesia terus menjanjikan, pihaknya berharap dapat memperluas investasi dengan memproduksi produk-produk lainnya di sini. ”Kami sangat antusias menyambut kabar ini, dua pemimpin industri teknologi global bersatu,” ucapnya.

Dia yakin sinergi ini akan memastikan bahwa SHARP akan terus menjadi pemain yang diperhitungkan di kancah industri elektronik global.

Seperti diketahui, Sharp Corporation (“SHARP”), induk perusahaan PT Sharp Electronics Indonesia (“SEID”), pada 2 April 2016 lalu secara resmi menandatangani kesepakatan untuk menjalin aliansi strategis dengan Foxconn Technology Group (“Foxconn”), perusahaan teknologi global terkemuka, dengan nilai investasi sebesar US$3,5 miliar atau Rp46,5 triliun.

Aliansi tersebut diyakini akan menciptakan sinergi antara dua pemimpin teknologi global sekaligus memperluas keunggulan Sharp di sejumlah area, termasuk pengembangan produk.

Sebagai bagian dari aliansi ini, Sharp juga dipercaya akan meningkatkan sumber daya internasional dan keahlian teknik manufaktur yang dimiliki oleh Foxconn untuk mengembangkan kemampuannya dalam pelayanan konsumen yang lebih baik.

Keunggulan Sharp dalam memanfaatkan inovasi-inovasi ciptaan tim riset & pengembangannya yang dikenal kuat akan didukung oleh akses luas Foxconn atas jaringan konsumen global dan rantai pasokan yang telah matang.

Karena itulah, bersama-sama dengan Foxconn, aliansi strategis ini dipercaya akan mampu menjaring profitabilitas dan memperkokoh operasional Sharp untuk mengembalikan kejayaan Sharp sebagai pemimpin di arena elektronik global dan perusahaan kelas dunia dengan outlook yang positif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper