Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Fungsi Pelabuhan Wasior, Bandara Margono Direlokasi

Pemerintah bakal merelokasi Bandara Margono di Teluk Wondama untuk mendorong fungsi Pelabuhan Wasior dalam aktivitas angkutan barang pada program tol laut
Bandara seadanya alias airstrip di Papua./Ilustrasi-Antara
Bandara seadanya alias airstrip di Papua./Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, MANOKWARI - Pemerintah bakal merelokasi Bandara Margono di Teluk Wondama untuk mendorong fungsi Pelabuhan Wasior dalam aktivitas angkutan barang pada program tol laut.

Dalam peresmian Pelabuhan Wasior, Selasa (5/4/2016), Presiden Joko Widodo mencanangkan pembangunan bandara baru tersebut akan dimulai pada tahun depan.

Dia meminta Bupati Manokwari dan Gubernur Papua Barat untuk segera menyiapkan lahan yang sesuai, terutama terkait panjang run way yang saat ini dinilai masih belum mampu mengakomodir angkutan penumpang secara maksimal.

"Karena run way-nya akan diperpanjang, berarti harus dipindah, dan berarti akan disiapkan anggarannya," katanya dalam peresmian Pelabuhan Wasior, Selasa (5/4/2016).

Saat ini, run way pesawat di Bandara tersebut hanya sepanjang 600 meter dan hanya dilewati pesawat  tipe single engine dengan jumlah yang minim.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan rencana relokasi bandara akan memfokuskan Pelabuhan Wasior sebagai tempat mobilitas angkutan barang dalam program tol laut.

Pasalnya, masyarakat di daerah Manokwari dan sekitarnya dapat memilih alternatif transportasi angkutan penumpang dari yang saat ini masih mengutamakan kapal.

Tahun lalu, Wasior merupakan salah satu pelabuhan dari tiga rute yang dilewati program tol laut.

Dengan rencana penambahan rute menjadi enam pada tahun ini, seharusnya peran pelabuhan Wasior sebagai tempat angkut barang lebih maksimal.

Kendati demikian, Jonan mengatakan masih ada kendala mengenai harga yang dipatok untuk transportasi antarwilayah Papua lewat jalur penerbangan saat ini yang akan segera dicari jalan keluarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper