Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Intan Cilacap Siap Jadi Hub Sapi

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare di Pelabuhan Intan, Cilacap, guna mendukung pelabuhan ini sebagai pusat hub sapi impor di Indonesia.
Ilustrasi/Antara-Rosa Panggabean
Ilustrasi/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare di Pelabuhan Intan, Cilacap, guna mendukung pelabuhan ini sebagai pusat hub sapi impor di Indonesia.

Edi Priyanto, Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III, mengungkapkan pelabuhan di sisi Pantai Selatan Pulau Jawa ini sebenarnya sudah digunakan sapi impor, namun tidak rutin.

“Cuma memang kitamenunggu kebijakan pemerintah karena pintu masuk bagi sapi impor ini belum jelas,” ujarnya, Minggu (3/4).

Kendati demikian, dia menegaskan Pelabuhan Intan telah menyiapkan lahan milik perusahaan sebagai tempat penampungan sapi.

Bahkan, dia menambahkan pemerintah daerah dan badan karantina di Cilacap telah siap mendukung Pelabuhan Intan ditetapkan sebagai pelabuhan sapi.

Selain untuk sapi impor, dia menuturkan fasilitas Pelabuhan Intan dapat pula menampung sapi lokal yang umumnya dibawa dari Nusa Tenggara Timur.

Untuk fasilitas pendukung, lanjutnya, feedloter dan rumah potong hewan juga tersedia dengan jarak tempuh yang  tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Intan.

“Sudah ada rumah potong hewan yang jaraknya tidak jauh,”katanya. Pada dasarnya, dia mengaku pelabuhan yang memiliki status terbuka untuk perdagangan luar negeri ini sudah siap.

Saat ini, Pelabuhan Intan berfungsi sebagai pelabuhan yang melayani bongkar muat bagi curah kering dan kargo umum.  Dari total enam dermaga yang ada, lima di antaranya digunakan sebagai bongkar muat dan satu dermaga khusus sebagai terminal multipurpose.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper