Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menaker Ajak PPTKIS Cari Peluang Kerja bagi TKI Formal

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri meminta perusahaan jasa TKI atau Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) agar terus membuka lebih banyak peluang kerja bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor Formal yang bekerja di luar negeri.
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. /Antara
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri meminta perusahaan jasa TKI atau Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) agar terus membuka lebih banyak peluang kerja bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor Formal yang bekerja di luar negeri.

Selama ini jenis lowongan dan peluang kerja bagi TKI formal yang tersedia di berbagai negara penempatan antara lain konstruksi, perminyakan, pertambangan, transportasi, jasa (services), perhotelan dan  turisme, perawat, pelayan supermarket, pekerja perkebunan, pertanian serta perikanan.

“Pemerintah terus mendorong agar para TKI  memiliki keahlian, kompetensi kerja dan profesionalitas kerja,  sehingga dapat mengisi lowongan pekerjaan- pekerjaan formal yang tersedia di luar negeri,” katanya dalam keterangan yang diterima Bisnis, Kamis (31/3/2016).

Hanif mengatakan kesempatan kerja di sektor formal yang tersedia di pasar kerja internasional masih terbuka lebar untuk para TKI.

Namun untuk mengisi peluang kerja di sektor formal tersebut, kualitas TKI harus ditingkatkan secara secara optimal melalui pelatihan kerja.

“Oleh karena itu, kita berharap juga agar perusahaan PPTKIS memperluas jaringan kepada perusahaan-perusahaan di negara-negara penempatan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan bagi TKI formal,” tambahnya.
 
Hanif mengungkapkan untuk beberapa sektor pekerjaan, kualitas TKI formal asal Indonesia sudah bisa bersaing dengan pekerja asing lainnya bahkan kualitasnya sudah diakui oleh para user atau perusahaan-perusahaan di luar negeri.

Dia menyarankan para calon TKI dan masyarakat umum yang membutuhkan pelatihan kerja dapat memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersedia di pusat dan daerah. Jenis pelatihan kerja dapat disesuaikan dengan minat, kemampuan dan ketersedian lowongan kerja di dalam dan luar negeri.
 
"Pemerintah terus menggeser orientasi penempatan TKI yang bekerja di luar negeri kearah sektor formal dengan membuka akses dan informasi peluang-peluang kerja yang tersedia bagi TKI formal di sana,” ujarnya.

Dia juga mengaku telah meminta para Atase Ketenagakerjaan yang berada di negara-negara penempatan TKI agar mengindentifikasikan kebutuhan TKI formal sekaligus membuka akses dan networking untuk mempermudah masuknya TKI formal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper