Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumsel Minta Toko Tani Indonesia Diperbanyak

Pemprov Sumsel akan mendorong Toko Tani Indonesia (TTI) dapat diperbanyak hingga ke seluruh pasar tradisional yang ada di Sumsel.
Hasil pertanian yang dijual di pasar tradisional/Antara
Hasil pertanian yang dijual di pasar tradisional/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemprov Sumsel akan mendorong Toko Tani Indonesia (TTI) dapat diperbanyak hingga ke seluruh pasar tradisional yang ada di Sumsel.

Sekretaris Daerah Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan TTI perlu diperbanyak karena dapat menjaga stabilitas pasokan harga pangan di tingkat petani. Selain itu, kata dia, TTI dapat mempercepat penjualan produksi hasil pertanian tanpa melalui mata rantai perdagangan yang marak terjadi.

“Dengan adanya TTI di sejumlah pasar tradisional di Sumsel, Kami harapkan kestabilan harga terjaga dan jangan sampai pada musim panen harga gabah jauh meningkat diakibatkan adanya mata rantai pasokan hasil pertanian,” katanya, saat Launching TTI Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) Tahun 2016, Senin (28/3/2016).

Saat ini, keberadaan TTI baru dikembangkan di beberapa pasar tradisional di kota Palembang, seperti di Pasar Gubah, Km 5, Cinde, Sekip Ujung, Bukit Kecil, Kebun Semai, Tangga Buntung, Soak Bato, Lemabang, dan Padang Selasa.

Mukti mengatakan TTI ini ditujukan untuk menyerap produk pertanian, menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di tingkat petani serta memberikan stabilisasi harga dan kemudahan akses pangan di tingkat konsumen.

“Hasil pertanian dapat secara langsung dijual ke pasaran yang dikoordinir Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) tanpa perlu lagi melalui tengkulak, sehingga dapat dipastikan harga beras yang didapatkan akan jauh lebih baik,” terangnya.

Menurut Mukti, mata pencaharian masyarakat Sumsel 70% di bidang pertanian secara luas. Untuk itu, Pemprov Sumsel sangat menyambut baik launching TTI ini dengan harapan kesejahteraan petani Sumsel dapat terus meningkat. “Kami harapkan TTI juga dapat disambut baik masyarakat dan dimanfaatkan Gapoktan Sumsel,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Tjuk Eko Hari Basuki mengatakan, pemerintah mencoba mengembangkan TTI di 33 Provinsi di Indonesia untuk meningkatkan perekonomian petani dan masyarakat sehingga terus terjaga.

Menurutnya, dengan adanya TTI petani dapat menjual hasil pertaniannya dengan harga yang menguntungkan dan sebaliknya kemampuan daya beli masyarakat meningkat.

“Seperti halnya launching TTI di Palembang merupakan yang pertama di Indonesia. Walaupun pada awalnya sedikit terlambat, namun hasil akhirnya membuktikan Sumsel pertama di Indonesia melaunching TTI,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper