Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga LPG Pertamina Termurah se Asean

Harga elpiji bersubsidi di Indonesia termurah di antara negara-negara Asia Tenggara (Asean) sedangkan yang nonsubsidi relatif masih terjangkau meski sudah mengikuti harga keekonomian.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Maret 2016  |  08:39 WIB
Harga LPG Pertamina Termurah se Asean
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Harga elpiji bersubsidi di Indonesia termurah di antara negara-negara Asia Tenggara (Asean) sedangkan yang nonsubsidi relatif masih terjangkau meski sudah mengikuti harga keekonomian.

Karena itu pengamat perlindungan konsumen, Indah Suksmaningsih justru meragukan pendapat bahwa harga elpiji Pertamina termahal di Asean karena dirinya lebih percaya informasi harga yang disampaikan Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja.

Menurut Indah, harga elpiji subsidi di Indonesia seperti disampaikan Wiratmaja, berada di kisaran Rp4.250/kg. Harga ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan Malaysia yakni Rp6.938/kg dan Thailand Rp7.000/kg.

"Jika dibandingkan dengan India, elpiji Pertamina juga lebih rendah. Di negara Asia Selatan tersebut, elpiji subsidi dipatok Rp5.500/kg," jelasnya, Sabtu (26/3)

Sementara untuk eliji nonsubsidi berdasarkan harga keekonomian, Pertamina mematok harga Rp7.700-14.200/kg.

Bandingkan dengan Filipina, yang sudah memasang harga Rp24.000/kg, Jepang Rp20.000/kg, Tiongkok Rp17.000-21.000/kg, dan bahkan Skotlandia Rp17.000/kg.

"Bedanya jauh di sini lebih murah," lanjut Indah yang juga mantan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Rendahnya harga elpiji Pertamina, menurut Indah, tak lepas dari efisiensi yang dilakukan BUMN tersebut termasuk diantaranya, upaya memangkas mata rantai tata niaga yang tak perlu.

Dalam hal ini, lanjut dia, Pertamina menindak tegas jika terdapat penyalur yang terbukti "nakal" yang menyalahi aturan.

Begitu pula dengan kompetitor dalam negeri, ternyata harga elpiji Pertamina juga lebih murah. Dari sekitar 4-5 pemain bisnis lokal LPG, produk Pertamina juga lebih rendah. Blue Gas misalnya, memasang harga lebih tinggi, yakni pada kisaran Rp15.000/kg.

Indah menilai bahwa pelayanan Pertamina kepada konsumen elpiji juga cukup baik. Termasuk di antaranya, terkait pengawasan mutu dan kontinuitas suplai yang semakin membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina harga gas harga lpg
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top