Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkop Bantu Unbraw Cetak Wirausahawan

Menteri Koperasi dan UKM AANG puspayoga siap membantu Universitas Brawijaya (Unbraw) menjadi pusat unggulan di bidang pengembangan wirausaha.
Marsya Nabila
Marsya Nabila - Bisnis.com 21 Maret 2016  |  16:16 WIB
Menkop UKM AAN Puspayoga saat di Pasar Negari, Gianyar - Feri Kristianto
Menkop UKM AAN Puspayoga saat di Pasar Negari, Gianyar - Feri Kristianto

Bisnis.com, MALANG - Menteri Koperasi dan UKM AANG puspayoga siap membantu Universitas Brawijaya (Unbraw) menjadi pusat unggulan di bidang pengembangan wirausaha.

Hal itu diungkapkan Puspayoga saat membuka "Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM" dan penandatanganan kesepakatan bersama Menkop dan UKM  dengan Rektor Unbraw, Malang Mochammad Bisri, Senin (21/3/2016).

Pada kesempatan itu, Menkop menyerahkan sertifikat hak cipta kepada  sejumlah produk UKM, sertifikat izin usaha KUMKM, penerima kredit usaha rakyat (KUR). IBM ikut membantu dengan menyerahkan puluhan perangkat komputer.

"Itu sangat konsisten dan merupakan upaya mewujudkan visi Unbraw menjadi perguruan tinggi berstandar internasional yang mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," tutur Puspayoga dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Senin (21/3).

Menkop menjelaskan pula, saat ini pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo sedang mengupayakan dua program besar untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Kedua program itu adalah pembangunan infrastruktur.

"Dibangunnya berbagai program infrastruktur jelas dapat mempercepat pembangunan ekonomi."

Program kedua adalah deregulasi, yaitu pemangkasan perizinan yang berbelit dan menghambat kalangan usaha. "Pengalaman pengurusan perizinan yang berbelit kami alami saat menjadi walikota Denpasar dulu."

Dulu, mengurus izin usaha makan waktu 4-6 bulan dan biayanya mencapai Rp4 jutaan. "Sekarang, bisa gratis dan hanya sejam jadi," kata Puspayoga.

Program pelatihan wirausaha pemula di kampus-kampus merupakan program Deputi Bidang SDM di bawah Prakosa BS. Program lainnya dalam bentuk magang kerja di berbagai sentra usaha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top