Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop Bantu Unbraw Cetak Wirausahawan

Menteri Koperasi dan UKM AANG puspayoga siap membantu Universitas Brawijaya (Unbraw) menjadi pusat unggulan di bidang pengembangan wirausaha.
Menkop UKM AAN Puspayoga saat di Pasar Negari, Gianyar/Feri Kristianto
Menkop UKM AAN Puspayoga saat di Pasar Negari, Gianyar/Feri Kristianto

Bisnis.com, MALANG - Menteri Koperasi dan UKM AANG puspayoga siap membantu Universitas Brawijaya (Unbraw) menjadi pusat unggulan di bidang pengembangan wirausaha.

Hal itu diungkapkan Puspayoga saat membuka "Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM" dan penandatanganan kesepakatan bersama Menkop dan UKM  dengan Rektor Unbraw, Malang Mochammad Bisri, Senin (21/3/2016).

Pada kesempatan itu, Menkop menyerahkan sertifikat hak cipta kepada  sejumlah produk UKM, sertifikat izin usaha KUMKM, penerima kredit usaha rakyat (KUR). IBM ikut membantu dengan menyerahkan puluhan perangkat komputer.

"Itu sangat konsisten dan merupakan upaya mewujudkan visi Unbraw menjadi perguruan tinggi berstandar internasional yang mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," tutur Puspayoga dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Senin (21/3).

Menkop menjelaskan pula, saat ini pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo sedang mengupayakan dua program besar untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Kedua program itu adalah pembangunan infrastruktur.

"Dibangunnya berbagai program infrastruktur jelas dapat mempercepat pembangunan ekonomi."

Program kedua adalah deregulasi, yaitu pemangkasan perizinan yang berbelit dan menghambat kalangan usaha. "Pengalaman pengurusan perizinan yang berbelit kami alami saat menjadi walikota Denpasar dulu."

Dulu, mengurus izin usaha makan waktu 4-6 bulan dan biayanya mencapai Rp4 jutaan. "Sekarang, bisa gratis dan hanya sejam jadi," kata Puspayoga.

Program pelatihan wirausaha pemula di kampus-kampus merupakan program Deputi Bidang SDM di bawah Prakosa BS. Program lainnya dalam bentuk magang kerja di berbagai sentra usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Marsya Nabila
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper